SoftBank Buka Kesempatan Investasi Publik kurang dari US$10 Melalui IPO

Unit broker SoftBank Corp. berencana untuk melakukan sesuatu yang mungkin menjadi yang pertama di pasar modal.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 22 Agustus 2019  |  12:20 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -- Unit broker SoftBank Corp. berencana untuk melakukan sesuatu yang mungkin menjadi yang pertama di pasar modal.

Strategi baru mereka akan memungkinkan individu di Jepang untuk berpartisipasi dalam penawaran umum perdana dengan dana paling rendah sekitar 1.000 yen atau kurang sedikit dari US$10.

One Tap BUY Co. yang dikendalikan oleh unit nirkabel raksasa investasi SoftBank Group Corp, sedang bersiap untuk mulai menawarkan penjualan tersebut pada awal Maret 2020 setelah mendapatkan persetujuan pengaturan yang diperlukan.

Chief Executive Officer One Tap BUY Masaaki Uchiyama mengatakan bahwa langkah ini akan menjadi yang pertama kalinya, di mana investor dapat ikut serta dalam IPO melalui jumlah investasi, bukan jumlah saham yang ditentukan.

"Ketika Anda membeli makanan atau mengisi bahan bakar mobil Anda, lebih mudah untuk menentukan jumlah uang yang ingin Anda keluarkan daripada volumenya. Satu-satunya hal yang ingin diketahui investor adalah berapa banyak yang dapat mereka peroleh dari US$10," kata Uchiyama seperti dikutip melalui Bloomberg, Kamis (22/8/2019).

Softbank merupakan pesaing dari Line Corp dan Rakuten Inc. dalam perlombaan untuk memanfaatkan konsumen individu melalui layanan keuangan.

Line memulai jasa pialang online dengan bank terbesar Jepang, Nomura Holdings Inc., pekan ini, sedangkan Rakuten bulan lalu mengumumkan akan mulai membuka jasa peminjaman dana dan menerbitkan kartu kredit di Amerika Serikat.

Ketiganya bertujuan untuk menciptakan dan memperluas pasar baru, yakni dengan menargetkan investor yang lebih muda dan kurang mampu.

SoftBank memiliki 46% saham One Tap BUY, sementara Mizuho Securities Co. memegang 13%.

Uchiyama, yang sebelumnya pernah bertugas di SMBC Nikko Securities Inc. dan Accenture Plc., diangkat menjadi CEO pada Juli setelah bergabung dengan broker berbasis smartphone tersebut pada 2016.

CEO tersebut juga menyampaikan bahwa One Tap BUY tengah merencanakan IPO sendiri dalam waktu 3 hingga 5 tahun ke depan.

Menjelang aksi tersebut, perusahaan berencana untuk mengumpulkan sebanyak 3 miliar yen atau senilai US$28 juta dari investor pada Maret 2020 untuk memperluas operasi brokernya.

"Selama kita adalah unit SoftBank, kita seharusnya berusaha menjadi unicorn," kata Uchiyama.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
softbank

Editor : Achmad Aris

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top