Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jawa Barat Aktif Antisipasi Risiko Bencana Alam

Provinsi Jawa Barat aktif melakukan penilaian ketangguhan desa (PKD) sebagai rangkaian dari ekspedisi destana tsunami. Kegiatan ini merupakan upaya pengelolaan risiko dari bencana alam.

Bisnis.com, JAKARTA--Provinsi Jawa Barat aktif melakukan penilaian ketangguhan desa (PKD) sebagai rangkaian dari ekspedisi destana tsunami. Kegiatan ini merupakan upaya pengelolaan risiko dari bencana alam.

Aktivitas penilaian ketangguhan bencana di tingkat desa/kelurahan merupakan perangkat alat hitung ketangguhan desa melalui indikator-indikator dan komponen yang telah disusun. Perangkat tersebut dilaksanakan sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) 8357:2017, tentang Desa dan Kelurahan Tangguh Bencana.

Dengan penerapan SNI desa dan kelurahan tangguh bencana, terdapat upaya-upaya pengelolaan risiko bencana yang dapat secara nyata berkontribusi dalam penurunan risiko bencana termasuk dampak perubahan iklim melalui pemberdayaan masyarakat desa dan kelurahan dengan pelibatan langsung masyarakat termasuk didalamnya kelompok rentan dan kelompok marginal lainnya.

Berkenaan dengan hal tersebut, maka perangkat tersebut diharapkan dapat menjadi acuan bersama dalam menilai upaya pengelolaan risiko bencana berbasis masyarakat, termasuk di dalamnya adaptasi terhadap fenomena perubahan iklim, di tingkat desa/kelurahan.

Dalam laman Badan Standardisasi Nasional (BSN) yang dikutip pada Selasa (13/8/2019), perangkat penilaian ini menilai 5 komponen, terdiri dari komponen pertama yakni kualitas dan akses layanan dasar. Komponen kedua adalah dasar sistem penanggulangan bencana. Kedua komponen tersebut merupakan indikator dasar, seperti termaktub dalam SNI, untuk memastikan usaha-usaha penguatan ketangguhan dapat berjalan dengan baik.

Komponen ketiga, pengelolaan risiko bencana. Komponen keempat yakni kesiapsiagaan darurat, dan komponen kelima adalah kesiapsiagaan pemulihan. Ketiga komponen ini merupakan representasi proses untuk mewujudkan indikator hasil dalam SNI. Oleh karenanya, komponen 1 dan 2 menjadi dasar bahwa komponen berikutnya dapat dilaksanakan dengan baik atau tidak.

Adapun kegiatan ini masuk dalam rangkaian ekspedisi destana tsunami segmen 3 Jawa Barat yang telah berlangsung sejak tanggal 2-12 Agustus 2019 dan menyambangi 5 kabupaten yakni Pangandaran, Tasikmalaya, Garut, Cianjur dan Sukabumi, dengan 7 titik lokasi pelaksanaan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper