Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Erupsi Gunung Tangkuban Parahu, Presiden Jokowi Minta Warga Ikuti Arahan Petugas

Dilansir dari akun Twitter Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), erupsi Gunung Tangkuban Parahu memiliki tinggi kolom abu teramati kurang lebih 200 meter di atas puncak atau kurang lebih 2.284 meter di atas permukaan laut.
Yodie Hardiyan
Yodie Hardiyan - Bisnis.com 26 Juli 2019  |  19:15 WIB
Tangkuban Perahu. - JIBI
Tangkuban Perahu. - JIBI

Kabar24.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo meminta masyarakat di kawasan sekitar Gunung Tangkuban Parahu, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat untuk waspada menyusul erupsi yang terjadi.

"Ikuti semua yang disampaikan aparat," kata Jokowi seusai pertemuan pembubaran Tim Kampanye Nasional (TKN) di sebuah restoran di Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (26/7/2019).

Seperti diketahui, dilansir dari akun Twitter Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), erupsi Gunung Tangkuban Parahu memiliki tinggi kolom abu teramati kurang lebih 200 meter di atas puncak atau kurang lebih 2.284 meter di atas permukaan laut.

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 38 mm dan durasi kurang lebih 5 menit 30 detik.

"Saat ini Gunung Tangkuban Parahu berada pada Status Level I (Normal) dengan rekomendasi Masyarakat di sekitar G. Tangkuban Parahu dan pengunjung, wisatawan, pendaki tidak diperbolehkan turun mendekati dasar kawah Ratu dan Kawah Upas," tulis akun @BPNB_Indonesia.

Masyarakat dilarang menginap dalam kawasan kawah-kawah aktif yang ada di dalam kompleks Gunung Tangkuban Parahu, serta ketika cuaca mendung dan hujan dikarenakan terdapatnya gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan kehidupan manusia.

Masyarakat dilarang menginap dalam kawasan kawah-kawah aktif yang ada di dalam kompleks Gunung Tangkuban Parahu, serta ketika cuaca mendung dan hujan dikarenakan terdapatnya gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan kehidupan manusia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi gunung tangkubanparahu erupsi
Editor : Stefanus Arief Setiaji
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top