Gelombang Pertama Jemaah Haji Indonesia Bertolak dari Madinah ke Makkah

Gelombang pertama jemaah haji Indonesia yang berada di Madinah bakal diberangkatkan ke Makkah. Jemaah haji yang diberangkatkan itu tergabung dalam embarkasi Surabaya 1 kloter dan Batam 2 kloter.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 11 Juli 2019  |  18:42 WIB
Gelombang Pertama Jemaah Haji Indonesia Bertolak dari Madinah ke Makkah
Pelaksanaan ibadah haji di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Gelombang pertama jemaah haji Indonesia yang berada di Madinah bakal diberangkatkan ke Makkah. Jemaah haji yang diberangkatkan itu tergabung dalam embarkasi Surabaya 1 kloter dan Batam 2 kloter.

Kepala Daerah Kerja Madinah Akhmad Jauhari mengungkapkan, pemberangkatan gelombang pertama dari Madinah ke Makkah dijadwalkan pada 14 Juli 2019. Tiga kloter tersebut akan diberangkatkan menuju kota Makkah Al Mukaramah setelah menyelesaikan salat arbain dan melaksanakan ziarah ke situs-situs bersejarah di kota Madinah Al Munawarah.

"Persiapan selanjutnya adalah penyiapan dokumen, dokumen [paspor] yang selama ini disimpan oleh muassasah, H-3 pemberangkatan harus dilakukan pengecekan dokumen," ungkap Jauhari dalam laman resmi, Kamis (11/7/2019).

Dia mengungkapkan, bila ada satu jemaah yang dokumennya belum siap maka jemaah itu tidak bisa diberangkatkan pada hari tersebut.  Pengecekan dokumen dilakukan di kantor muassasah adillah oleh para ketua kloter, dan didampingi PPIH.

Terkait dengan penyiapan transportasi untuk 3 hari pertama pemberangkatan jemaah haji Indonesia ke Makkah, PPIH Arab Saudi telah berkoordinasi dengan pihak naqobah terkait jumlah bis yang akan digunakan untuk mengangkut jemah.

Jauhari juga mengatakan bahwa dalam proses pemberangkatan jemaah dari Madinah ke Makkah, pihaknya senantiasa berkoordinasi  dengan daerah kerja Makkah. Tujuan koordinasi, katanya, agar orang-orang yang berada di Makkah dapat melakukan persiapan penyambutan jemaah haji.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Ibadah Haji

Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup