Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tahukah Kamu ? Ada 83.842 Buzz Terkait Sidang Sengketa MK di Twitter Sepanjang Mei-Juni 2019

Gugatan sengketa Pilpres 2019 yang diajukan oleh pasangan calon Prabowo Subianto – Sandiaga Uno pada 21-24 Mei 2019 lalu, membuahkan hasil yang kurang memuaskan bagi pihak paslon nomor urut dua tersebut.
Logo Twitter/Reuters-Kacper Pempel
Logo Twitter/Reuters-Kacper Pempel

Kabar24.com, JAKARTA - Gugatan sengketa Pilpres 2019 yang diajukan oleh pasangan calon Prabowo Subianto – Sandiaga Uno pada 21-24 Mei 2019 lalu, membuahkan hasil yang kurang memuaskan bagi pihak paslon nomor urut dua tersebut.

Pasalnya, Mahkamah Konstitusi memutuskan bahwa pemenang Pilpres tetap berdasarkan perolehan suara terbanyak.
 
Perusahaan media intelligence Isentia menangkap perbincangan terkait sidang sengketa tersebut di media sosial sebanyak 83.842 buzz, terhitung sejak 21 Mei hingga 30 Juni 2019. Dari perbincangan yang 86.9% berlangsung di Twitter ini, ‘KPU’ menjadi yang paling banyak di-mention netizen, yakni dalam total 4.413 buzz.
 
“KPU jadi trending topic pasca sidang 18 Juni kemarin. Banyak netizen yang membahas seputar penolakan perbaikan permohonan gugatan dari paslon nomor dua, juga terkait alat bukti yang diserahkan KPU untuk MK,” jelas Rendy Ezra, Insights Manager dari Isentia Indonesia dalam keterangan resminya.
 
Selain KPU, ‘Bawaslu’ juga menjadi trending topic selanjutnya dalam 771 buzz. Ketua Bawaslu, Abhan, mengutarakan bahwa pihaknya tidak menerima adanya keluhan atas ketidaknetralan Polri dan pihak Intelijen selama Pemilu berlangsung.
 
‘Tim Kuasa Hukum 01’ juga menjadi salah satu trending topic, terkait tanggapan bahwa hanya pihak Bawaslu yang berhak untuk mendalami dan menyelesaikan permasalahan gugatan kecurangan terstruktur, sistematik dan masif (TSM) ini.
 
Untuk figur yang paling sering di-mention, ‘Prabowo’ berada di urutan teratas dengan 52.8% dari total buzz, diikuti ‘Jokowi’ 29.2%, ‘Hairul Anas’ 7.3%, ‘Sandiaga Uno’ 5.6%, selanjutnya ‘Bawaslu’ 3.5%, serta ‘Ma’ruf Amin’ 1.6%.
 
Sementara itu, dari keseluruhan percakapan terkait di dunia maya, 50.4% di antara netizen berpandangan netral terhadap topik ini, 31.4% mengutarakan pendapat positif, dan sisanya 18.2% negatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper