Listrik di Argentina Alami Pemadaman Besar-besaran

Pemadaman listrik besar-besaran sempat terjadi di Argentina dan dua negara tetangganya, Uruguay dan Paraguay pada Minggu (16/6/2019).
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 17 Juni 2019  |  08:36 WIB
Listrik di Argentina Alami Pemadaman Besar-besaran
Gedung-gedung tampak terlihat dari pinggir Sungai Rio de Plata, Buenos Aires. - Bisnis/Feni Freycinetia

Bisnis.com, JAKARTA--Pemadaman listrik besar-besaran sempat terjadi di Argentina dan dua negara tetangganya, Uruguay dan Paraguay pada Minggu (16/6/2019).

Berdasarkan laporan Reuters, Kementerian Energi Argentina menyatakan pemadaman terjadi sekitar pukul 7 pagi dan membuat listrik di seluruh negara itu padam. Pemadaman listrik juga memutus aliran listrik di banyak wilayah Uruguay dan sebagian wilayah Paraguay.

Suplai listrik di ketiga negara tersebut sudah mulai pulih pada Minggu malam waktu setempat.

Presiden Argentina Mauricio Macri mengatakan pemadaman besar-besaran tersebut belum pernah terjadi sebelumnya dan penyebabnya masih belum jelas.

"Kasus ini belum pernah terjadi sebelumnya dan akan diselidiki secara mendalam," kata Macri melalui media sosialnya.

Menteri Energi Gustavo Lopetegui, mengatakan bahwa pemadaman listrik dipicu oleh kegagalan interkoneksi sistem jaringan listrik Argentina. Dia menuturkan hasil investigasi penuh akan tersedia setelah 10 hingga 15 hari.

Pemadaman menyebabkan transportasi umum tersendat, memutus pasokan air, serta sebagian besar komunikasi telepon dan jaringan internet lumpuh.

Gambar dari media sosial menunjukkan antrean panjang mobil di beberapa SPBU yang masih beroperasi di kota terbesar Argentina. Lampu lalu lintas juga padam, menciptakan kekacauan di sejumlah tempat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
argentina

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top