FedEx Berencana Rekrut Pengemudi Paruh Waktu

Rencana merekrut pengemudi paruh waktu sejalan dengan strategi FedEx menangkap membludaknya pengiriman rumahan dengan margin rendah.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 07 Juni 2019  |  11:36 WIB
FedEx Berencana Rekrut Pengemudi Paruh Waktu
FedEx - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA— FedEx Corp mengatakan berencana merekrut sekitar 700 pengemudi ekspres paruh waktu di 160 pasar perumahan dan pedesaan Amerika Serikat sejalan dengan perubahan konsumen karena persaingan menekan bisnis pengiriman yang sudah mapan.

Dilansir melalui Reuters, Jumat (7/6/2019), FedEx berinvestasi miliaran dolar Amerika Serikat untuk mengatasi ledakan pengiriman rumahan dengan margin rendah. Saat ini, jenis pengiriman itu menyumbang lebih dari setengah total volume paket dibandingkan dengan 20% pada 2000.

Langkah serupa juga telah ditempuh saingan FedEx, United Parcel Serivice Inc (UPS).

Pengemudi paruh waktu berbiaya rendah akan menggunakan kendaraan perusahaan, tidak menerima manfaat, dan bekerja tidak lebih dari empat shift mingguan. Mereka akan mendapatkan bayaran US$17,10 per jam untuk bekerja di pasar seperti Peducah, Kentucky; Roswell, New Mexico; dan Jacksonville, Florida.

Adapun, bayaran tertinggi akan diterima oleh pengemudi paruh waktu senilai US$19,66 per jam di Kodiak, Alaska.

FedEx Express memperkerjakan lebih dari 40.000 kurir Amerika Serikat. Pengemudi non-serikat Express menghasilkan sekitar US$24 per jam dan menerima manfaat penuh.

Perseroan menyebut kategori pekerjaan paruh waktu menciptakan sekelompok karyawan yang fleksibel. Ini akan memmungkinkan FedEx untuk menangani fluktuasi volume pada hari tertentu dalam semingggu atau jam tertentu dalam sehari.

Dikutip melalui Reuters, pengiriman ke pintu pembeli dan rumah-rumah jauh lebih mahal daripada mengirimkan amplop dan paket ke gedung perkantoran. Biaya pengiriman untuk perumahan dari FedEx dan UPS lebih tinggi US$1,60 dibandingkan dengan pengiriman komersial.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jasa kurir

Editor : Ana Noviani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top