Kapal Tenggelam Di Hongaria, Korsel Uji Coba Penyelaman

Regu penyelam Korea Selatan melakukan uji coba penyelaman di Sungai Danube, Budapest, Hongaria pada hari ini.Uji coba tersebut merupakan upaya untuk mencapai bangkai kapal pesiar yang mengangkut turis asal Negeri Ginseng saat kecelakaan dan tenggelam pada minggu lalu.
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 03 Juni 2019  |  15:38 WIB
Kapal Tenggelam Di Hongaria, Korsel Uji Coba Penyelaman
Kapal tenggelam - Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Regu penyelam Korea Selatan melakukan uji coba penyelaman di Sungai Danube, Budapest, Hongaria pada hari ini.

Uji coba tersebut merupakan upaya untuk mencapai bangkai kapal pesiar yang mengangkut turis asal Negeri Ginseng saat kecelakaan dan tenggelam pada minggu lalu.

Dikutip dari Reuters, Senin (3/6/2019), sebanyak satu unit kapal tongkang Korea Selatan dan beberapa speedboats menggantikan kapal tongkang milik Hongaria pada Senin pagi hari, sebagai persiapan untuk uji coba.

"Penyelam akan mulai uji coba pada pukul 08:00 waktu setempat untuk mengetes kemungkinan kegiatan bawah air secepatnya setelah persiapan selesai," ujar tim penyelamat.

Titik permulaan persiapan ini berada di kapal tongkang yang diposisikan pada titik kejadian. Penyelaman hari ini hanya bertujuan untuk menganalisa kondisi terlebih dahulu, tidak sampai memasuki bangkai kapal.

Sebagai informasi, kapal pesiar The Viking Sigyn menabrak sebuah kapal berukuran lebih kecil bernama the Mermaid saat hujan lebat pada Rabu minggu lalu. The Mermaid, yang mengangkut sejumlah turis Korea Selatan, tenggelam dan disebut sebagai kecelakaan terburuk di Sungai Danube dalam setengah abad terakhir.

Sebanyak 7 warga negara Korea Selatan diselamatkan dalam keadaan hidup dan 7 jenazah telah diangkat pada malam setelah kejadian. Sementara itu, sebanyak 21 jiwa yang terdiri dari 19 warga negara Korea Selatan dan 2 warga negara Hongaria, masih dinyatakan hilang dan diperkirakan meninggal dunia.

Lima hari setelah musibah tersebut, terjadi banjir sehingga para penyelam mengalami kesulitan untuk mencapai bangkai kapal dan menemukan jenazah sisa penumpang. Upaya Pemerintah Hongaria untuk mengirimkan regu penyelam di dekat bangkai kapal juga tidak berhasil.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kecelakaan kapal

Sumber : reuters

Editor : Tegar Arief

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top