Pemerintah Amerika Serikat Ucapkan Selamat Atas Kemenangan Jokowi - Maruf Amin

Pemerintah Amerika Serikat mengucapkan selamat atas kembali terpilihnya Presiden Joko Widodo untuk masa periode pemerintahan kedua.
Pemerintah Amerika Serikat Ucapkan Selamat Atas Kemenangan Jokowi - Maruf Amin Anggara Pernando | 30 Mei 2019 09:23 WIB
Pemerintah Amerika Serikat Ucapkan Selamat Atas Kemenangan Jokowi - Maruf Amin
Mike Pompeo - reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah Amerika Serikat mengucapkan selamat atas kembali terpilihnya Presiden Joko Widodo untuk masa periode pemerintahan kedua.

Ucapan selamat tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo dengan menelepon langsung Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi.

"Menlu Pompeo tegaskan kembali keinginanya untuk terus memperdalam hubungan [bilateral] AS-Indonesia," cuit, @usembassyjkt akun twitter terverifikasi Kedutaan Besar Amerika Serikat, Kamis (30/5/2019).

Selain mengucapkan selamat atas terpilihnya Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin, Menlu Pompeo juga memgucapkan selamat kepada Pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia.

Sebelumnya, setelah pelaksanaan Pemilu 17 April lalu pemerintah Amerika Serikat melalui kementerian luar negerinya juga menyampaikan pujian atas penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019 di Indonesia.

"Kami mengucapkan selamat kepada rakyat Indonesia atas terselenggaranya pemilihan presiden dan legislatif secara serentak untuk pertama kalinya pada tanggal 17 April," ujar Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat Morgan Ortagus dalam pernyataan di Jakarta, Jumat (19/4/2019).

Ortagus mengatakan kampanye penuh semangat dan partisipasi menyeluruh dari publik, masyarakat madani, dan media di Indonesia, menggarisbawahi kekuatan serta dinamika demokrasi Indonesia.

"Amerika Serikat dan Indonesia merupakan dua negara demokrasi yang besar, beragam, dan dinamis dengan kesamaan nilai-nilai serta kepentingan bersama yang menjadi landasan kemitraan strategis bilateral kedua negara," kata Ortagus.



Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, amerika serikat

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top