Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cinta Lingkungan dan Alam Ternyata Positif untuk Mental

Ahli psikolog berpendapat, gerakan mengajak anak-anak muda untuk menyebarkan manfaat kepada lingkungan dan alam berpengaruh positif terhadap mental dan karakter.
Ilustrasi media sosial/Reuters-Beawiharta
Ilustrasi media sosial/Reuters-Beawiharta

Bisnis.com, JAKARTA – Kalangan anak muda atau kaum milenial hidup di era digital dan media sosial. Keseharian yang terlalu banyak dihabiskan dengan interaksi di dunia maya mengakibatkan mereka cenderung kurang responsif di dunia nyata.

Untuk mengantisipasi sikap tidak responsif atau bahkan anti sosial (ansos), ada beberapa solusi yang bisa dilakukan, salah satunya adalah melibatkan mereka dalam kegiatan atau gerakan peduli lingkungan.

Pakar psikologi dari Universitas Indonesia Anna Surti Ariani mengatakan bahwa gerakan mengajak anak-anak muda untuk menyebarkan manfaat kepada lingkungan dan alam berpengaruh positif terhadap mental dan karakter.

Menurutnya, era digital dan media sosial diopinikan telah membuat banyak masyarakat, termasuk kalangan muda cenderung minim dalam melakukan interaksi langsung dengan orang lain. Akibatnya, kontak sosial dengan masyarakat dan lingkungan sosial menjadi menurun.

“Terkait dengan potensi dan kompetensi diri, kesulitan dalam berinteraksi tentu saja akan mengganggu kehidupan sosial dan empati mereka,” tuturnya.

Nina, begitu sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa gerakan yang melibatkan kalangan anak muda, seperti gerakan sosial atau gerakan peduli lingkungan dan alam menjadi solusi meningkatnya interaksi antar masyarakat.

Pasalnya, kegiatan semacam itu menekankan pada semangat kolaboratif, persahabatan, dan gotong-royong.

“Ini menjadi salah satu solusi yang baik untuk membantu anak-anak muda zaman now meningkatkan kemampuan berinteraksi, serta menumbuhkan semangat persahabatan, berempati, berkontribusi, dan menghargai lingkungan sekitarnya,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Eva Rianti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper