Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Menggugat Pesta Demokrasi
Premium

Kapan Tahapan Pemilu 2019 dan Sengketa di Dalamnya Usai?

28 Mei 2019 | 15:41 WIB
Meski Pemilu 2019 sudah berlangsung lebih dari sebulan lalu dan penetapan hasilnya telah dilakukan sepekan lalu, masih ada sejumlah tahapan yang harus dilalui sebelum hasil resminya disampaikan. Pasalnya, ada ratusan gugatan atas hasil pemungutan suara yang masuk ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Bisnis.com, JAKARTA -- Tahapan Pemilu 2019 ternyata tak berhenti sampai penetapan hasil pemungutan suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa (21/5/2019).

Sejumlah proses masih harus dilalui peserta Pemilu sebelum ditetapkan secara resmi sebagai kandidat terpilih oleh penyelenggara.

Berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, KPU harus memberi kesempatan kepada peserta Pemilu untuk mengajukan gugatan sengketa. Waktu yang diberikan adalah 3 hari sejak penetapan hasil dibacakan.

Jika dalam 3 hari itu tak ada gugatan sengketa atas proses Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pemilihan Legislatif (Pileg), maka KPU bisa menetapkan kandidat terpilih maksimal 3 hari setelahnya. Penetapan kandidat terpilih bisa dilakukan terpisah.

Petugas Bawaslu duduk di depan layar rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara final tingkat nasional dan penetapan hasil Pemilu 2019, di gedung KPU, Jakarta, Selasa (21/5/2019) dini hari./Reuters-Willy Kurniawan

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top