KPU RI Akan Rekapitulasi Hasil Pemilu Dari 6 Daerah Hari Ini

Rencananya, KPU akan menggelar pleno untuk mengesahkan hasil pemilu dari Provinsi Sulawesi Selatan, Sumatra Utara, Maluku, Riau, Papua, dan pemilu di Kuala Lumpur.
Lalu Rahadian
Lalu Rahadian - Bisnis.com 19 Mei 2019  |  09:43 WIB
KPU RI Akan Rekapitulasi Hasil Pemilu Dari 6 Daerah Hari Ini
Ketua KPU Arief Budiman (kedua kanan), para Komisioner KPU Ilham Saputra (ketiga kanan) dan Wahyu Setiawan (kanan) berbincang dengan anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin (kiri) di sela Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan dan Perolehan Suara Tingkat Nasional Dalam Negeri dan Penetapan Hasil Pemilu 2019 di kantor KPU, Jakarta, Rabu (15/5/2019). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Rekapitulasi dan pengesahan hasil pemilu tingkat nasional akan dilanjutkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Minggu (19/5/2019). Ada hasil pemilu dari 6 daerah yang akan direkap KPU RI hari ini.

Rencananya, KPU akan menggelar pleno untuk mengesahkan hasil pemilu dari Provinsi Sulawesi Selatan, Sumatra Utara, Maluku, Riau, Papua, dan pemilu di Kuala Lumpur.

“Jadi ada 6 dokumen lagi yang akan kita rekap di tingkat nasional,” ujar Ketua KPU RI Arief Budiman sebelum menutup rapat pleno di kantornya, Sabtu (18/5).

Hingga kini sudah ada hasil pemilu dari 29 provinsi yang direkapitulasi dan disahkan KPU. Jika rencana KPU berjalan tanpa hambatan, maka proses rekapitulasi hasil pemilu nasional akan selesai malam nanti.

Untuk mempercepat proses rekapitulasi, KPU akan membagi rapat pleno pengesahan hasil pemilu ke dua ruang. Kedua ruang itu berada di kantor KPU RI.

“Ada 3 [hasil pemilu dari daerah] yang kemungkinan bisa direkap siang, dan 3 lainnya kemungkinan akan direkap malam,” katanya.

Dari rekapitulasi sementara, pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin sementara unggul atas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Jokowi-Ma'ruf sementara meraih 74.112.839 suara atau setara dengan 55,52 persen suara sah. Sementara Prabowo-Sandiaga mendapat 59.365.735 dukungan yang sama dengan 44,48 persen suara sah.

Pada penghitungan hasil pemilu legislatif, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sementara memimpin dengan perolehan 22.699.325 suara (19,93 persen).

Partai Golkar membuntuti PDIP dengan raihan 14.463.189 suara (12,70 persen) di urutan kedua. Posisi Golkar ditempel ketat Partai Gerindra yang memperoleh 14.354.047 suara (12,60 persen).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Pilpres 2019, Hasil Rekapitulasi KPU

Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top