Pilpres 2019: Panglima TNI Ingatkan Netralitas TNI

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, bersama Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memeriksa secara langsung kesiapan personel maupun Alutsista dalam rangka kesiapsiagaan pengamanan Pemilu Pilpres dan Pileg tahun 2019.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 06 April 2019  |  19:09 WIB
Pilpres 2019: Panglima TNI Ingatkan Netralitas TNI
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu (kiri) berbincang dengan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kanan) - ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

Bisnis.com, JAKARTA -  Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, bersama Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memeriksa secara langsung kesiapan personel maupun Alutsista dalam rangka kesiapsiagaan pengamanan Pemilu Pilpres dan Pileg tahun 2019.

Setelah pelaksanaan apel, Panglima TNI menyampaikan kepada aparat TNI Polri untuk menjunjung tinggi Netralitas TNI serta melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab untuk mengamankan dan menyukseskan Pesta Demokrasi 2019.

Menurutnya, dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut diharapkan akan semakin meningkatkan kesiapsiagaan dan kepercayaan diri para unsur pengamanan dalam melaksanakan tugas serta mensukseskan Pesta Demokrasi yang akan datang.

Selain mengecek kesiapan pasukan, Panglima TNI juga ingin memastikan bahwa para prajuritnya benar-benar memahami aturan pelibatan pasukan TNI dalam pengamanan Pemilu, termasuk pemahaman Netralitas TNI.  

“Dengan memahami aturan pelibatan pasukan TNI, diharapkan tidak akan terjadi kesalahan prosedur, dan di lapangan tidak terjadi kesalahpahaman,” katanya dalam keterangan resmi, Sabtu (6/4/2019).

Apel Gabungan TNI-Polri dalam rangka kesiapsiagaan pengamanan Pilpres, Pilleg tahun 2019 dipimpin oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono, diikuti oleh 3.300 personel TNI-Polri dari berbagai satuan di wilayah Jateng dan DIY.

Kodam IV/Diponegoro menyiapkan ribuan  personel TNI untuk melaksanakan tugas perbantuan kepada Polri dalam mengamankan dan mensukseskan Pemilu 2019.   Seluruh pasukan yang diperbantukan ke Polda berada di bawah kendali dari Polda, sedangkan pasukan yang tidak di BKO kan standby on call di satuan berada di bawah kendali Pangdam IV/Diponegoro.

Sebelum digelar Apel Gabungan TNI-Polri, telah dilaksanakan berbagai kegiatan pembekalan dan pelatihan kepada pasukan yang dilibatkan langsung dalam pengaman Pilpres dan Pilleg diantaranya Latihan Parsial di tiap-tiap satuan, Latihan Simulasi Pam Pemilu Gabungan TNI-Polri, Latihan Tri Patra, dan Latihan TFG Pam Pemilu 2019.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut diantaranya, Asops Panglima TNI Mayjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M., Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri, Waaster Panglima TNI Brigjen TNI (Mar) Purnomo, segenap pejabat jajaran TNI-Polri wilayah Jateng dan DIY.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
panglima tni, Pilpres 2019

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top