Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rampungkan Safari ke 3 Provinsi Kantong Suara Prabowo, Ma'ruf Amin Yakin Menangi Pilpres

Calon wakil presiden nomor urut 01 KH. Ma'ruf Amin kembali ke Jakarta setelah sepekan penuh mengunjungi Banten, Jawa Timur hingga Kalimantan Selatan.
Fajar Sidik
Fajar Sidik - Bisnis.com 27 Januari 2019  |  14:23 WIB
Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin berpidato saat kampanye dalam safari politik di Ponpes Bismillah di Desa Cisaat, Padarincang, Serang, Banten, Senin (21/1/2019). - ANTARA/Asep Fathulrahman
Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin berpidato saat kampanye dalam safari politik di Ponpes Bismillah di Desa Cisaat, Padarincang, Serang, Banten, Senin (21/1/2019). - ANTARA/Asep Fathulrahman

Bisnis.com, BANJARMASI - Calon wakil presiden nomor urut 01 KH. Ma'ruf Amin kembali ke Jakarta setelah sepekan penuh mengunjungi Banten, Jawa Timur hingga Kalimantan Selatan.

Selama perjalanan di tiga provinsi itu, Kiai Ma'ruf melakukan silaturahmi dengan tokoh masyarakat, ulama, kiai, santri serta kalangan milenial serta relawan yang mendukung pasangan calon Jokowi-Ma'ruf.

"Alhamdulillah saya bisa menyelesaikan silaturahmi di tiga provinsi. Banyak manfaat yang didapat dari perjalanan ini. Inti perjalanan ini adalah mempererat silaturahmi sekaligus melakukan konsolidasi," ucap Kiai Ma'ruf di bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin, sebelum bertolak ke Jakarta sebagaimana keterangan tertulis yang diterima, Minggu (27/1).

"Kunjungan ini menambah optimisme menuju pemenangan pilpres. Kita melakukan komunikasi secara langsung dengan berbagai pihak," tambah Ma'ruf.

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ini menyadari Jokowi pada Pilpres 2014 kalah dari Prabowo Subianto di beberapa wilayah yang dikunjunginya.

Namun, Kiai Ma'ruf menyebutkan sekarang situasi bisa terbalik karena dirinya menangkap kesan ada antusias yang tinggi dari pihak-pihak yang bertemu dengannya untuk memenangkan dirinya dengan Joko Widodo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

"Semakin optimistis untuk menang karena saya menemui orang-orang yang semangat dan antusias di tiga provinsi. Di Banten, saya menyampaikan bahwa saya ini putera daerah. Di Jawa Timur pun dukungan datang dari para ulama Jawa Timur dan ulama Madura. Di Kalsel pun demikian," papar Kiai Ma'ruf.

Dalam setiap kesempatan bicara, Kiai Ma'ruf menekankan dua hal yakni agar dihindari perpecahan antarsesama anak bangsa dan tak ikut menyebarkan kabar bohong atau hoaks.

"Saya selalu mengimbau agar Pileg dan Pilpres itu tidak menimbulkan perpecahan terhadap bangsa dan negara kita. Saya juga mengajak masyarakat tidak menyebar hoaks atau berita bohong," paparnya.

Perjalanan yang panjang dengan mengunjungi berbagai kabupaten/kota yang hampir kegiatannya berlangsung hingga tengah malam.

Namun, Kiai Ma'ruf mengaku tidak lelah menjalani kegiatan berkeliling di sejumlah wilayah. Dia bercerita resep untuk menghilangkan lelah adalah menikmati semua kegiatannya tersebut.

"Saya 'enjoy' saja," ucapnya sambil tersenyum.

Setibanya di Jakarta, Kiai Ma'ruf pun sudah memiliki jadwal yang padat. Di kediamannya hari ini akan menerima beberapa tamu seperti Ratu Hemas dan Diaz Hendropriyono. Bahkan, pada Selasa (29/1) pun Kiai Ma'ruf sudah terjadwal akan berkunjung ke Kabupaten Jawa Barat.

"Memang silaturahmi ke wilayah Jawa Barat dan Banten akan semakin diintensifkan. Kita akan tancap gas untuk menyapa masyarakat dan bersilaturahmi dengan berbagai kalangan," pungkasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pilpres 2019 Ma'ruf Amin
Editor : Fajar Sidik

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top