Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Maluku Diguncang Gempa 5,4 SR & Aceh 4,7 SR

Gempa bermagnitudo 5,4 skala richter mengguncang perairan Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku, Minggu (27/1/2019) dini hari. Gempa ini disebut tidak berpotensi tsunami.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 27 Januari 2019  |  06:09 WIB
Gempa - Ilustrasi
Gempa - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Gempa bermagnitudo 5,4 skala richter mengguncang perairan Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku, Minggu (27/1/2019) dini hari. Gempa ini disebut tidak berpotensi tsunami.

Data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa terjadi pada pukul 00.07 WIB. Merujuk pada titik gempa yang disiarkan badan tersebut, gempa terjadi di tengah laut antara Dili, Lombok dan Maluku Tenggara Barat.

Pusat gempa terjadi pada titik 6,58 lintang selatan dan 130,40 bujur timur atau berkisar 150 kilometer barat laut Maluku Tenggara Barat. Belum diketahui dampak yang disebabkan dari guncagan dari bawah laut ini.

“[Gempa terjadi pada] Kedalaman 113 kilometer [di bawah laut]. Tidak berpotensi tsunami,” tulis akun twitter @infoBMKG, Minggu (27/1/2019) dini hari.

Beberapa jam terakhir, Kabupaten Singkil, Aceh juga turut mengalami guncangan dengan magnitudo 4,7 skala richter. BMKG mencatat gempa laut itu berpusat di 35 kilometer Barat Daya Kabupaten Singkil dengan kedalaman 10 kilometer pada pukul 23.36 WIB Sabtu (26/1/2019).

“[Gempa] dirasakan [dengan skala modified mercalli intensity] II – III [di kawasan] Gunung Sitoli dan skala MMI II – III [di wilayah] Singkil,” tulis BMKG.

Sampai laporan ini diterbitkan, belum ada informasi mengenai dampak gempa di lapangan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gempa
Editor : Fajar Sidik

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top