Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Maluku Diguncang Gempa 5,4 SR & Aceh 4,7 SR

Gempa bermagnitudo 5,4 skala richter mengguncang perairan Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku, Minggu (27/1/2019) dini hari. Gempa ini disebut tidak berpotensi tsunami.
Gempa/Ilustrasi
Gempa/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Gempa bermagnitudo 5,4 skala richter mengguncang perairan Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku, Minggu (27/1/2019) dini hari. Gempa ini disebut tidak berpotensi tsunami.

Data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa terjadi pada pukul 00.07 WIB. Merujuk pada titik gempa yang disiarkan badan tersebut, gempa terjadi di tengah laut antara Dili, Lombok dan Maluku Tenggara Barat.

Pusat gempa terjadi pada titik 6,58 lintang selatan dan 130,40 bujur timur atau berkisar 150 kilometer barat laut Maluku Tenggara Barat. Belum diketahui dampak yang disebabkan dari guncagan dari bawah laut ini.

“[Gempa terjadi pada] Kedalaman 113 kilometer [di bawah laut]. Tidak berpotensi tsunami,” tulis akun twitter @infoBMKG, Minggu (27/1/2019) dini hari.

Beberapa jam terakhir, Kabupaten Singkil, Aceh juga turut mengalami guncangan dengan magnitudo 4,7 skala richter. BMKG mencatat gempa laut itu berpusat di 35 kilometer Barat Daya Kabupaten Singkil dengan kedalaman 10 kilometer pada pukul 23.36 WIB Sabtu (26/1/2019).

“[Gempa] dirasakan [dengan skala modified mercalli intensity] II – III [di kawasan] Gunung Sitoli dan skala MMI II – III [di wilayah] Singkil,” tulis BMKG.

Sampai laporan ini diterbitkan, belum ada informasi mengenai dampak gempa di lapangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper