Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki Jadi Moderator Debat Capres 17 Februari. Ini Riwayat Karier Mereka

Dua nama pembawa acara berita masing-masing Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki ditetapkan sebagai moderator Debat Capres Putaran II pada 17 Februari 2019 mendatang.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 25 Januari 2019  |  19:59 WIB
ommy Tjokro dan Anisha Dasuki jadi moderator Debat Capres Putaran II,  17 Februari 2019
ommy Tjokro dan Anisha Dasuki jadi moderator Debat Capres Putaran II, 17 Februari 2019

Bisnis.com, JAKARTA — Dua nama pembawa acara berita masing-masing Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki ditetapkan sebagai moderator Debat Capres Putaran II pada 17 Februari 2019 mendatang.

Kedua nama tersebut ditetapkan melalui kesepakatan antara Komisi Pemilihan Umum ( KPU), tim kampanye Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga serta stasiun  televisi penyelenggara debat kedua.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, wajib bagi KPU untuk mendapat persetujuan tim kampanye capres-cawapres sebelum menetapkan nama moderator.

"Kami sepakati moderatornya, kami tetap menggunakan pola dua moderator, pertama Tommy Tjokro, kedua Anisha Dasuki," kata Ketua KPU Arief Budiman, Jumat (25/1/2019).

Arief mengatakan, usai rapat KPU akan menghubungi Tommy dan Anisha untuk diminta kesediannya sebagai moderator debat. Hanya saja keduanya bisa batal kalau menyatakan tidak bersedia, ujar Arief.

Riwayat karier Tommy Tjokro

- 2003-2012:  MetroTV

- 2012-2015: Bloomberg TV

- 2015-2016: iNews TV

- 2016-Sekarang: RCTI

Riwayat Karier Anisha Dasuki

- Presenter MetroTV

- Presenter iNews

Untuk debat kedua, tema yang diangkat adalah soal energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Debat akan diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta. Empat stasiun televisi akan menyiarkan debat, yaitu RCTI, JTV, MNC TV, dan INews TV.

Sementara itu, menanggapi soal moderator debat capres, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengatakan baginya tidak ada masalah dengan siapa yang ditunjuk KPU menjadi moderator. Pasalnya, sebagai moderator mereka akan mempertaruhkan integritas mereka.

 “Buat saya, siapapun monggo, moderator ini kan menjaga integritas dirinya. Berpihak pada salah satu paslon, itu namnya bunuh diri. Tapi kalau berpihak pada rakyat dengan pertanyaan yang tajam maka mereka sedangkan membangun karakter diri,” ujarnya.

Lebih jauh Mardani mengatakan bahwa moderator merupakan aktor terpenting dalam pendidikan publik. Moderator juga akan menjadi guru terbaik dengan pertanyaannya yang dalam.

“Jadilah guru yang terbaik bagi masyarakat dengan pertanyaan yang dalam dan tajam, tidak menyerang sambail menjelaskan memang kualitas capresnya sampai di sini,” katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Debat Capres Pilpres 2019
Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top