Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kantor Dinas Lingkungan Hidup Jadi Pusat Komando Citarum Harum

Gubernur Jabar Ridwan Kamil memastikan akan membereskan persoalan koordinasi penanganan DAS Citarum mulai dari urusan koordinasi, dengan markas koordinasi di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 15 Januari 2019  |  11:31 WIB
Kantor Dinas Lingkungan Hidup Jadi Pusat Komando Citarum Harum
Sungai Citarum - Antara/Yudhi Mahatma
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG—Gubernur Jabar Ridwan Kamil memastikan akan membereskan persoalan koordinasi penanganan DAS Citarum mulai dari urusan koordinasi, dengan markas koordinasi di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat.

Gubernur Ridwan Kamil mengatakan ada puluhan kelompok di luar TNI dan pemerintah yang melakukan berbagai upaya penanganan persoalan di Sungai Citarum. “Tapi apakah kelompok 1 tahu apa yang dikerjakan kelompok nomer 30?” Katanya di acara evaluasi 1 tahun Program Citarum Harum di Bandung, Selasa (15/1/2019).

Menurutnya persoalan ini terjadi karena selama  ini tidak adanya koordinasi antar elemen yang bergerak di Citarum. Karena itu mulai 2019 pihaknya akan memusatkan koordinasi sebagai upaya perbaikan.

“Mulai bulan depan [Februari] Citarum ada pusat komando di Jalan Naripan [Bandung]. Kantor Dinas Lingkungan Hidup Jabar kami pindah yang kosong akan menjadi pusat komando, ada CCTV-nya bisa dilihat disitu, semua urusan diputuskan disitu,” paparnya.

Ridwan memastikan evaluasi menyeluruh akan diwadahi pula di acara Citarum Expo di mana semua kelompok yang terlibat akan melakukan daftar ulang. “Daftar ulang komitmennya, kalau pribadi apa komitmennya, universitas apa, pebisnis komitmen best practise atau CSR-nya,” katanya.

Setelah urusan itu beres pihaknya akan bergerak pada persoalan pendanaan yang diperlukan, ini mengingat saking banyaknya kegiatan yang tidak semuanya bisa didanai oleh Negara. “Ini mudah-mudahan kita perbaiki,” ujarnya.

Selain itu pihaknya meminta daerah yang dilewati oleh Citarum untuk menyiapkan program aksi yang terpadu mulai dari penanganan sampah hingga limbah.

“Organisasi akan kita perbaiki, semua SK akan kita bongkar lagi. Ada daftar ulang, komitmen, SK baru sampai struktur organisasi,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sungai citarum ridwan kamil
Editor : Sutarno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top