Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ITS Ajak Belajar Bahasa Daerah Lewat Aplikasi AkuNusa

Berawal dari keprihatinan terhadap punahnya beberapa bahasa daerah di Indonesia, sekelompok mahasiswa TI Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya merancang aplikasi bernama AkuNusa.

Bisnis.com, SURABAYA - Berawal dari keprihatinan terhadap punahnya beberapa bahasa daerah di Indonesia, sekelompok mahasiswa TI Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya merancang aplikasi bernama AkuNusa.

Ivander William, salah seorang tim mahasiswa TI tersebut mengatakan saat ini tercatat ada 709 bahasa daerah di Indonesia. Namun, dari jumlah tersebut sebanyak 139 bahasa sudah terancam punah.

“Globalisasi yang menjamur di kalangan generasi muda Indonesia juga mulai memudarkan bahasa daerah dari kehidupan sehari-hari kita,” katanya dalam rilis, Kamis (29/11/2018).

Dia menjelaskan pada aplikasi AkuNusa tersebut terdapat pilihan bahasa daerah dari berbagai pulau di Indonesia. Di dalam setiap pilihan bahasa terdapat materi dan ujian untuk menunjang pembelajaran dan cocok digunakan untuk mengerjakan soal ujian.

"Terdapat tiga tingkat pembelajaran, apabila pengguna berhasil mengerjakan ujian dengan nilai minimal 60, pengguna dapat lanjut ke tingkat yang lebih tinggi," jelas mahasiswa asal Medan ini.

Selain itu, aplikasi AkuNusa dilengkapi fitur makanan khas dan tempat wisata daerah guna meningkatkan ketertarikan pengguna dalam menggunakan aplikasi tersebut.

"Generasi muda kini lebih suka yang praktis, tidak bertele-tele. Aplikasi ini akan mempermudah mereka dalam mempelajari bahasa sekaligus budaya daerah dalam satu tempat,” katanya.

Anggota tim lainnya yakni Cornelia Natasha, dan John Harison berharap aplikasi ini dapat meningkatkan minat masyarakat untuk mempelajari bahasa daerah yang merupakan sebuah identitas.

"Ke depan kami ingin kembangkan aplikasi ini dengan fitur suara karena setiap daerah punya dialek yang berbeda," imbuh John.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper