Debat Capres Cawapres Setiap Tanggal 17 atau Hari Rabu

Debat Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden dipastikan berlangsung setiap tanggal 17 atau hari rabu.
Jaffry Prabu Prakoso | 30 November 2018 20:31 WIB
Debat Capres dan Cawapres - JIBI Photo

Bisnis.com, JAKARTA – Debat Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden dipastikan berlangsung setiap tanggal 17 atau hari rabu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan bahwa itu dilakukan agar masyarakat ingat hari pemungutan suara yang dilaksanakan Rabu, 17 April 2019.

“Januari tanggal 17, Februari tanggal 17, Maret juga 17 dan 30, April tanggal 13,” katanya saat ditemui di ruangannya, Jumat (30/11/2018).

Di sisi lain penyelenggaraan debat tidak hanya akan berlangsung di Jakarta. Lokasi yang paling memungkinkan adalah Surabaya karena tidak membutuhkan banyak tenaga dan logistik.

Pelaksanaan di luar Jakarta agar pesta demokrasi tidak berpusat di Ibu Kota. Di kota pahlawan, debat hanya dilakukan sekali. Waktunya pun masih dalam pembahasan.

Saat ini sudah ada lembaga penyiaran yang setuju menjadi media massa penyelenggara. Akan tetapi KPU akan membuat perjanjian hitam di atas putih untuk memastikan bahwa media tersebut tidak mengundurkan diri di tengah jalan.

“Saya tidak mau tiba-tiba mereka diminta siarkan tapi pas deadline malah mundur. Itu harus dibuat kerja sama,” ucap Arief.

Sementara itu materi debat untuk pertama kali sedang dirumuskan oleh panelis dan ditargetkan rampung pada Desember.

Tag : Debat Capres, Pilpres 2019
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top