Presiden Jokowi Arahkan ASN Manfaatkan Perkembangan Teknologi

ASN juga harus melakukan banyak penyesuaian dalam perubahan zaman. Revolusi industri 4.0 telah membawa perubahan lanskap sosial, lanskap politik, dan lanskap budaya di seluruh dunia,
Newswire | 29 November 2018 11:29 WIB
Ilustrasi: Aparatur sipil negara berfoto bersama seusai mengikuti upacara peringatan HUT ke-46 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), di Monas, Jakarta, Rabu (29/11/2017). - ANTARA/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA - Perkembangan teknologi terkait Revolusi Industri 4.0 perlu dimanfaatkan semua kalangan termasuk ASN. 

Presiden Joko Widodo mengarahkan aparatur sipil negara untuk memanfaatkan perkembangan teknologi dalam melayani masyarakat.

"ASN juga harus melakukan banyak penyesuaian dalam perubahan zaman. Revolusi industri 4.0 telah membawa perubahan lanskap sosial, lanskap politik, dan lanskap budaya di seluruh dunia," kata Jokowi dalam sambutannya saat menghadiri Upacara Hari Ulang Tahun Ke-47 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Tahun 2018 di Istora Senayan Jakarta, Kamis (29/11/2018).

Menurut Presiden, ASN dihadapkan kepada perubahan sosial yang besar karena perkembangan teknologi.Perkembangan informasi dan teknologi mempermudah ASN dan cara kerja birokrasi.

Teknologi itu, ujar Presiden, memfasilitasi masyarakat menyampaikan aspirasi dengan mudah dan tuntutan pelayanan yang lebih baik juga meningkat.

"Mau tidak mau, ASN harus melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh, meningkatkan kualitas kerja dan tata kelola pemerintahan serta menjaga akuntabilitas. Mau tidak mau, ASN harus selalu open minded, terus melakukan inovasi dan menyederhanakan proses kerja," jelas Presiden.

Mantan wali kota Solo dan gubernur DKI Jakarta itu meminta ASN tidak terjebak ego sektoral. ASN harus bekerja sama dengan pihak-pihak terkait.

Masalah yang ada di masyarakat, kata Jokowi, bersifat lintas daerah dan lintas sektoral sehingga dengan pemanfaatan teknologi dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Sumber : Antara

Tag : jokowi, ASN
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top