Aktivitas IMF World Bank Annual Meeting 2018 Tidak Terdampak Gempa

Gempa yang sempat dirasakan di wilayah Bali pada subuh tadi pagi dipastikan tidak menggangu pelaksanaan Annua Meeting IMF-World Bank Group 2018 di Bali.
Feri Kristianto | 11 Oktober 2018 13:06 WIB

Bisnis.com, MANGUPURA—Gempa yang sempat dirasakan di wilayah Bali pada subuh tadi pagi dipastikan tidak mengganggu pelaksanaan Annual Meeting IMF-World Bank Group 2018 di Bali.

Ketua Pelaksana Harian Annual Meeting IMF-WBG 2018 Susiwijiono menegaskan semua agenda tetap berjalan seperti yang sudah direncanakan. Dia menyatakan tidak ada kerusakan dialami oleh infrastruktur maupun venue-venue penyelenggaraan meeting.

“Secara umum penyelenggaraan AM ini sejak tadi pagi kami sudah kontrol semua titik dan kami pastikan semua berjalan lancar. Dalam artian tidak ada perubahan dari jadwal sejak awal. Semua berjalan normal tidak ada dampak aktivitas, semua venue demikian juga acara presiden dari hari ni sesuai jadwal,” jelasnya, Kamis (11/10/2018).

Susi menjelaskan pihaknya masih mendata laporan dari panitia apakah ada dampak dialami oleh delegasi. Hasil dari laporan pimpinan hotel, dampaknya tidak ada. Menurutnya, 10 kepala negara yang akan datang dalam Asean Leaders dijadwalkan tetap hadir seperti semula. Hingga siang ini sudah 5 kepala negara datang termasuk Presiden Jokowi dan dijadwalkan 5 kepala negara lainnya akan datang menjelang pertemuan.

Ditegaskan olehnya bahwa panitia yang didukung kekuatan BMKG, BNPB, Polda Bali, Kodam IX/Udayana dan ITDC selalu memberikan update bagi peserta. Semua informasi akan dikumpulkan dan terus diperbaharui setiap saat dan segera dibagikan kepada delegasi.

Mengantisipasi terjadinya gempa susulan, panitia Annual Meeting memastikan sudah ada panduan evakuasi yang siap dijalankan apabila terjadi bencana.

Simulasi evakuasi juga sudah pernah dilakukan sebelum event ini dimulai dan dinyatakan siap sesuai mekanisme yang dipersiapkan. Bali sudah sangat siap mengantisipasi jika terjadi kemungkinan terburuk. Peralatan hingga helikopter dan kapal perang juga sudah disiagakan di perairan Bali jika dibutuhkan sewaktu-waktu.

Tag : annual meetings IMF-World Bank
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top