JK : Seluruh Daerah Bencana di Palu dan Donggala Sudah Tersentuh Bantuan

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan seluruh daerah yang terdampak bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah sudah tersentuh bantuan
Lingga Sukatma Wiangga | 04 Oktober 2018 18:30 WIB
Foto udara kawasan tanah bergerak (likuifaksi) yang terjadi akibat gempa bumi berkekuatan 7,4 SR pada 28 September 2018 di Palu Selatan, Palu, Sulawesi Tengah, Senin (1/10/2018). - ANTARA/Irwansyah Putra

Bisnis.com, JAKARTA—Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan seluruh daerah yang terdampak bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah sudah tersentuh bantuan.

Menurutnya, pemerintah sudah mengirim bantuan makanan bahkan ke daerah ang relatif tinggi dengan menggunakan helicopter.

Sejak kemarin juga , Lanjut JK,sebenarnya sudah dikirim dengan heli makanan, roti dan macam-macam, juga persediaan logistik di daerah-daerah yang agak ketinggian, di Sigi, di Donggala. Tiga heli yang membagi logistik, dari PMI, dari tentara.

"Sudah semua sekarang sudah dijangkau dengan heli,” ujarnya di Istana Wakil Presiden RI, Kamis (4/10).

Ke depan, kata dia, pemerintah pun melalui Bappenas dan Kementerian PU akan merencanakan tata kota yang baru.

Jusuf Kalla atau JK menjelaskan tahap tersebut masuk ke dalam tahap rekonstruksi. Saat ini pemerintah fokus pada penyelamatan korban di sana.

“Jadi tanggap darurat itu tiga intinya. Pertama, mengevakuasi yang meninggal, menyelamatkan yang luka-luka, kesehatan, dan memberi kehidupan makanan terus untuk yang hidup. Itu dulu, inti itu. Kemudian memperbaiki infrastruktur yang ada,” tuturnya.

Tag : Wapres JK, Gempa Palu
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top