Hari Batik Nasional jadi Trending Topics Twitter

Hari batik nasional yang jatuh setiap pada 2 Oktober menjadi trending topics di twitter hari ini.
Mia Chitra Dinisari | 02 Oktober 2018 08:01 WIB
Perajin memproduksi batik di Kampung Batik Kauman, Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis (27/9/2018). - ANTARA/Harviyan Perdana Putra

Bisnis.com, JAKARTA - Hari batik nasional yang jatuh setiap pada 2 Oktober menjadi trending topics di twitter hari ini.

Sebanyak 2.700 lebih kicauan membahas soal hari batik nasional. Selain itu, pengguna twitter juga ramai-ramai memamerkan pakaian batik yang dikenakannya. 

Termasuk juga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam akun instagramnya yang mengajak semua warga Jawa Barat memakai batik untuk merayakan salah satu hari budaya nasional itu.

Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.[1] Pada tanggal ini, beragam lapisan masyarakat dari pejabat pemerintah dan pegawai BUMN, hingga pelajardisarankan untuk mengenakan batik.

Pemilihan Hari Batik Nasional[5] pada 2 Oktober berdasarkan keputusan UNESCOyaitu Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan, yang secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. UNESCO memasukkan batik dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia.

Tag : hari batik nasional
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top