Gempa Sulteng : PLN Berhasil Perbaiki 3 Unit PLTD Silae Total 3,9 MW

PLN berhasil memperbaiki 3 unit PLTD Silae masing-masing berkapasitas 1,3 megawatt (MW). Ketiga unit tersebut, saat ini dalam tahap penyesuaian dan ditargetkan paling lambat malam nanti sudah bisa menyala dan memasok listrik warga.
Denis Riantiza Meilanova | 30 September 2018 17:12 WIB
Sejumlah kerusakan akibat gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (29/9). - Antara

Bisnis.com, PALU--PLN telah berhasil memperbaiki 3 unit PLTD Silae masing-masing berkapasitas 1,3 megawatt (MW). Ketiga unit tersebut, saat ini dalam tahap penyesuaian dan ditargetkan paling lambat malam nanti sudah bisa menyala dan memasok listrik warga.

"Alhamdulillah kami telah berhasil memperbaiki 3 unit PLTD Silae dengan kapasitas total 3,9 MW, kami upayakan daya tersebut malam ini sudah bisa tersalurkan kemasyarakat," ujar Direktur Bisnis Regional Sulawesi PT PLN (Persero) Syamsul Huda melalui siaran pers, Minggu (30/9/2018).

Dia berujar keberhasilan ini tidak terlepas dari tambahan personil yang didatangkan. Tahap pertama sebanyak 125 personil tim gabungan PLN Sulawesi telah tiba di Palu, Sulawesi Tengah pagi tadi untuk memperbaiki infrastruktur kelistrikan di Palu, mulai dari pembangkitan, transmisi, gardu induk, jaringan tegangan menengah/rendah hingga sambungan ke pelanggan.

Saat ini, ketiga unit tersebut masih dalam pengetesan sebelum dinyatakan siap untuk dinyalakan dan disalurkan melalui penyulang yang ada.

"Kami berupaya maksimal agar kondisi kelistrikan Palu malam ini mulai pulih secara bertahap," kata Syamsul Huda.

“Kami prediksi tim kedua yang membawa tambahan genset dan alat berat bisa tiba di Palu dan Donggala malam ini. Hal ini bisa menambah suplai listrik untuk warga. Selain itu kedatangan tim kedua juga diharapkan membantu proses verifikasi dan perbaikan kerusakan kelistrikan yang terjadi.”

Dia menambahkan untuk rumah sakit dan posko yang tersebar beberapa telah memanfaatkan mobile genset yang ada. Selain itu, sore nanti diupayakan sejumlah unit pembangkit bisa diselesaikan perbaikannya.

Saat ini, sudah ada sekitar 12 genset yang telah bisa dimanfaatkan untuk penerangan sejumlah posko, ditambah 10 genset dari Manado.

“Kami berharap mobil pengangkut genset yang lainnya bisa segera tiba di Palu dan Donggala untuk menambah suplai tambahan penerangan warga. Saat ini pergerakannya terus kami pantau untuk memastikan baik genset maupun alat berat bisa tiba di lokasi dengan selamat dan cepat tiba di lokasi,” katanya.

Sementara itu, menyadari pentingnya komunikasi dan internet, PLN melalui anak usahanya, Icon +, memberikan bantuan berupa internet wifi dengan bandwidth 50 mbps, dengan jumlah 6 akses poin.

Diharapkan dengan adanya komunikaai ini warga bisa leluasa berkirim kabar dan memberi update kondisi masing-masing kepada sanak keluarga.

Tag : PLN, gempa, palu
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top