Mendagri Terbang ke Sulteng untuk Koordinasi Langsung Tangani Bencana

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo berangkat ke Sulawesi Tengah (Sulteng) untuk berkoordinasi langsung dengan pemerintah setempat dalam penanganan gempa dan tsunami yang terjadi di Palu serta Donggala, Jumat (28/9/2018).
Newswire | 29 September 2018 10:41 WIB
Sejumlah pasien mendapat perawatan di depan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Undata, Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (29/9). Perawatan di luar gedung rumah sakit tersebut untuk mengantisipasi kemungkinan adanya gempa susulan. - ANTARA FOTO/HO/BNPB Sutopo Purwo Nugroho

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo berangkat ke Sulawesi Tengah (Sulteng) untuk berkoordinasi langsung dengan pemerintah setempat dalam penanganan gempa dan tsunami yang terjadi di Palu serta Donggala, Jumat (28/9/2018).
 
Dia akan ditemani tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).
 
"Saya dan Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan dan tim BNPB, jam lima pagi ke Balikpapan dan jam sembilan pagi ke Palu serta Donggala, untuk koordinasi awal dengan pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota setempat," ungkap Tjahjo seperti dilansir Antara, Sabtu (29/9).
 
Sebelumnya, dia turut menghadiri rapat dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto untuk berkoordinasi terkait penanganan bencana tersebut. 
 
Mendagri juga sudah mengeluarkan radiogram dengan klasifikasi sangat segera kepada Gubernur Sulteng Longki Djanggola untuk segera menetapkan tanggap bencana bagi daerah yang terdampak gempa dan tsunami. Radiogram tersebut bernomor 361/7676/SJ.
 
Seperti diketahui, gempa berkekuatan 7,7 SR mengguncang wilayah Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Jumat (28/9) sekitar pukul 18.02 WITA. Namun, BMKG kemudian memutakhirkan kekuatan gempa menjadi 7,4 SR.

Sumber : Antara

Tag : mendagri, bencana alam, Gempa Palu
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top