Kampung Adat di Sumba Barat Terbakar

Kampung adat Bondo Morotuo di Kabupaten Sumba Barat, Pulau Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur terbakar pada Senin (10/9) malam.
Newswire | 11 September 2018 14:45 WIB
Warga Sumba membawa sejumlah kuda di kampung adat Waitabar, Sumba Barat yang digunakan sebagai mahar kawin uang diberikan oleh pihak pria kepada mempelai perempuan. (ANTARA News - Kornelis Kaha)

Bisnis.com, KUPANG - Kampung adat Bondo Morotuo di Kabupaten Sumba Barat, Pulau Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur terbakar pada Senin (10/9) malam.

 "Iya betul, ada Kampung Adat Bondo Morotuo terbakar tadi malam (Senin, 10/9) sekitar Jam 12.00 Wita," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur Marius Ardu Jelamu  membenarkan peristiwa kebakaran kampung adat itu ketika dikonfirmasi Antara di Kupang, Selasa.

Dia menjelaskan sesuai laporan Dinas Pariwisata Kabupaten Sumba Barat, kebakaran tersebut melenyapkan sebanyak 16 rumah adat dari total sebanyak 17 rumah adat di Kampung Adat Bondo Morotuo.

 Menurutnya, dugaan kuat sambaran api bermula dari sebuah rumah adat yang baru selesai dibangun. Rumah adat baru tersebut tidak memiliki atap berpuncak seperti rumah adat Sumba pada umumnya.

  "Namun sumbernya tidak dari hubungan pendek arus listrik karena di kampung adat itu belum ada instalasi listrik," katanya. 

 Marius mengatakan, kondisi api sudah berhasil dipadamkan dan saat ini sedang dalam penanganan pemerintah kabupaten setempat dengan membangun tenda-tenda darurat.

  "Pihak Kepolisian setempat juga sudah mengamankan lokasi untuk penyelidikan lebih lanjut terkait dampak kebakaran itu," katanya. 

Sumber : Antara

Tag : Desa Adat
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top