Kemensos Beri Bantuan Rp5,9 Miliar Untuk Korban Bencana di Sumbawa Barat

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah kembali menyalurkan bantuan senilai Rp5,9 miliar kepada para korban gempa di Pulau Sumbawa Barat, NTB. Pemberian bantuan tersebut diwakili oleh Kementerian Sosial yang berkunjung langsung ke Pulau Sumbawa NTB, Kamis (30/8/2018).
Dewi Andriani | 30 Agustus 2018 23:06 WIB
Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah kembali menyalurkan bantuan senilai Rp5,9 miliar kepada para korban gempa di Pulau Sumbawa Barat, NTB. Pemberian bantuan tersebut diwakili oleh Kementerian Sosial yang berkunjung langsung ke Pulau Sumbawa NTB, Kamis (30/8/2018).

Bantuan tersebut terdiri dari bantuan logistik senilai Rp1,4 miliar yang terdiri dari 2.000 sembako, 200 paket alat dapur keluarga, 120 lembar kasur lipat, 50 unit velbed, 8 unit tenda serbaguna, 7 tenda keluarga, 100 lembar terpal/tenda gulung, 100 lembar selimut, 100 paket family kit, 100 paket kids ware, 100 paket food ware, 2 set perlengkapan dapur umum lapangan, 50 set perlengkapan Tagana individu, 100 paket sandang, 150 lembar matras, 10 paket alat layanan psikososial.

 

Berikutnya Bantuan Mobil Truk Serbaguna 1 unit senilai Rp397.397.000, santunan ahli waris korban meninggal untuk 4 jiwa sebesar Rp60.000.000, PKH Tahap III untuk 5.899 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) senilai Rp2.949.500.000, dan Rastra Tahap 8 untuk 10.096 kepala keluarga senilai Rp1.110.560.000. 

Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan seluruh upaya tersebut merupakan perwujudan hadirnya Negara di tengah rakyat, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo agar korban bencana harus mendapat prioritas utama. 

Pemerintah juga mendorong dan mengundang pihak swasta bersinergi dengan pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten untuk bergotong royong membantu korban gempa di Pulau Sumbawa.

Sementara itu Bupati Kabupaten Sumbawa Besar Musyafirin mengatakan warga sangat antusias menyambut bantuan Pemerintah Pusat. Baik PKH, Rastra, maupun logistik tanggap darurat bencana sudah diterima dan sedang tahap pendistribusian. 

Menurutnya kehadiran Menteri Sosial di tengah-tengah warga Kabupaten Sumbawa Barat yang tertimpa bencana menunjukkan bahwa perhatian pemerintah pusat sama besarnya seperti perhatian yang diberikan kepada korban gempa di Pulau Lombok. 

"Walaupun gempanya susulan, alhamdulillah perhatian yang diberikan sama dengan Pulau Lombok. Kehadiran Pak Menteri memberi semangat kepada kami. Alhamdulillah dengn sigap dan cepat bantuan sosial untuk korban gempa sudah disalurkan oleh Kemensos, untuk cadangan beras pemerintah juga sudah disalurkan," tuturnya.

Setelah memberi motivasi, Mensos meninjau pencairan PKH dan melihat penerima bansos melakukan tarik tunai melalui agen BRI. Dalam kesempatan ini Mensos menjelaskan bahwa dalam rangka percepatan bansos untuk korban gempa baik di Pulau Lombok maupun di Pulau Sumbawa, Kementerian Sosial bersama Agen Bank BRI mendatangi tempat-tempat pengungsian atau pembayaran komunitas. 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
gempa lombok

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top