Penting, Ini Fungsi Tim Kampanye Calon Presiden

Tim kampanye pasangan calon presiden memilih peran yang tidak kalah penting dalam pelaksanaan pemilihan presiden 2019.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 21 Agustus 2018  |  15:35 WIB
Penting, Ini Fungsi Tim Kampanye Calon Presiden
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari/JIBI/BISNIS - Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis.com, JAKARTA - Tim kampanye pasangan calon presiden memilih peran yang tidak kalah penting dalam pelaksanaan pemilihan presiden 2019.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari mengatakan bahwa fungsi utama mereka adalah menjalin komunikasi antara pasangan calon dengan KPU.

“Tim Kampanye ada dua fungsi. Pertama mereka akan bertanggung jawab atas kegiatan-kegiatan kampanye paslon. Kemudian mereka komunikasi dengan KPU supaya jalur komunikasi itu terbuka dan mudah, lancar,” katanya di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (21/8/2018).

Hasyim menjelaskan bahwa tim tersebut juga bertanggung jawab atas penyelenggaraan atau pelaksanaan kampanye calon yang didukung.

Kewajiban itu tertera pada Undang-undang nomor 7 tahun 2017 pasal 269 ayat 4 tertulis bahwa tim bertugas menyusun seluruh kegiatan tahapan kampanye dan bertanggung jawab atas pelaksanaan teknis penyelenggaraan kampanye.

Dia mencontohkan izin melakukan sosialisasi ke kepolisian ataupun menyampaikan surat izin cuti menteri yang akan melakukan kampanye adalah tugas tim tersebut.

Sementara itu, berdasarkan Peraturan KPU nomor 23 tahun 2018 tertera bahwa kepala daerah dilarang menjadi ketua tim kampanye.  Pelarangan itu agar tidak mengganggu fungsi pemerintahan.

“Selain itu juga memberikan layanan kepada masyarakat di daerah itu, sehingga untuk menghindari konflik kepentingan,” ungkap Hasyim.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Pilpres 2019

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top