Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Permintaan Inti Produk Mesin Jepang Melemah Ke Level 3,7%

Permintaan inti untuk produk mesin di Jepang turun pada Mei dari kenaikan di bulan sebelumnya.
Manufaktur Jepang./.Reuters
Manufaktur Jepang./.Reuters

Kabar24.com, JAKARTA – Permintaan inti untuk produk mesin di Jepang turun pada Mei dari kenaikan di bulan sebelumnya. Kendati penurunan itu tidak terlalu tajam, namun kekhawatiran kembali muncul akibat memburuknya konflik perdagangan AS-China.

Adapun belanja modal (Capital Expenditure/Capex) merupakan titik yang cerah di dalam perekonomian Jepang yang sempat terkontraksi pada kuartal I/2018 setelah pertumbuhan terpanjangnya sejak masa gelembung ekonomi pada era 1980-an.

Para ekonom pun memperhatikan dengan seksama untuk mencari tanda-tanda bahwa perekonomian Negeri Sakura dapat rebound pada kuartal II/2018.

Data Kantor Kabinet Jepang menunjukkan permintaan inti—sekumpulan data volatil yang digunakan sebagai indikator pengeluaran modal pada enam hingga sembilan bulan ke depan—tumbuh ke level 3,7%, atau lebih kecil daripada perkiraan analis di level 5,5%. Adapun pada bulan sebelumnya, permintaan inti sempat menguat menjadi 10,1%.

Data ini dirilis seminggu setelah survei tankan oleh Bank Sentral Jepang (BOJ) memperlihatkan bahwa perusahaan besar berencana meningkatkan pengeluaran modalnya hinnga 13,6% pada tahun fiskal ini kendati keyakinan bisnis manufaktur telah memburuk selama dua kuartal terakhir.

“Baik data permintaan maupun tankan mengonfirmasi capex yang bullish. Data permintaan inti tampaknya akan naik untuk kuartal keempat berturut-turut pada April-Juni,” kata Koya Miyamae, Ekonom Senior di SMBC Nikko Securities, seperti dikutip Reuters, Rabu (11/7/2018).

Adapun ekonom memperkirakan, capex bisa mendapatkan dukungan dari persiapan Tokyo Olympic Games 2020 yang bakal meningkatkan kapasitas produksi, software, investasi di peralatan labor-saving, dan infrastruktur lainnya.

Kendati demikian, para pembuat kebijakan dan analis sangat berhati-hati dan terus mengamati memburuknya perselisihan dagang antara AS dan China. Pasalnya, dua pasar ekspor terbesar Jepang itu dapat mempengaruhi pengeluaran modal korporasi yang bergantung dengan kinerja ekspor.

Lebih lanjut, data tersebut menunjukkan permintaan dari manufaktur meningkat menjadi 1,3% pada Mei sementara permintaan sektor jasa naik 0,2%

Dibandingkan setahun sebelumnya, permintaan inti (yang mengecualikan permintaan untuk pengiriman dan utilitas listrik) naik 16,5% pada Mei, atau lebih tinggi daripada perkiraan ekonom sebesar 8,6%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Nicken Tari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper