Ini Foto Detik-detik Genting Tenggelamnya Kapal Lestari Maju

Berikut ini foto-foto yang diterima Bisnis.com, detik-detik genting saat kapal akan tenggelam yang dikirimkan oleh salah seorang penumpangnya. Dana setelah foto beredar, penumpang yang bersangkutan belum bisa dihubungi.
Fajar Sidik | 03 Juli 2018 16:59 WIB
Puluhan penumpang bertahan di atas badan kapal KM Lestari Maju yang akan tenggelam tenggelam, Selasa (3/7 - 2018) sekitar pukul 14.00 Wita saat akan masuk ke Perairan Selayar.

Bisnis.com, JAKARTA -- Kabar mengejutkan datang dari Perairan Selayar di mana sebuah kapal pengangkut dikabarkan tenggelam saat mengangkut ratusan penumpang dari Pelabuhan Bira Bulukumba, Sulawesi Selatan ke Pelabuhan Pamatata Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa (3/7/2018) sekitar pukul 14.00 Wita.

Badan SAR Nasional (Basarnas) wilayah Makassar membenarkan telah terjadi insiden kapal tenggelam di Perairan Selayar bernama Kapal Lestari Maju. Kapal tersebut tenggelam saat akan masuk ke Perairan Selayar. Tim Basarnas Selayar tengah melakukan evakuasi korban yang jatuh ke laut dari kapal tersebut.

Kapal Motor Lestari Maju diketahui mengangkut penumpang 139 orang dari Pelabuhan Bira, Bulukumba, ke Pelabuhan Pamatata, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Jumlah penumpang itu diketahui berdasarkan data manifes kapal yang dihimpun oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Kapal berukuran 1.519 gros ton (GT) tersebut juga memuat 48 unit kendaraan, terdiri atas 18 unit kendaraan golongan III, 14 unit kendaraan golongan IV, 8 unit kendaraan golongan V (1 unit bus dan 7 unit truk), serta 8 unit kendaraan golongan VI (1 unit bus dan 7 unit truk).

KM Lestari Maju diketahui tenggelam di perairan Selayar, Kabupaten Bulukumba, saat menuju Pamatata, Kepulauan Selayar, Selasa (3/7/2018) pukul 14.30 WITA. BNPB memperkirakan kapal yang dinakhodai Agus Sutanto itu tenggelam karena kebocoran di lambung kiri kapal.

Beberapa saat setelah kejadian, langsung beredar foto-foto yang dikirimkan oleh salah seorang penumpang yang menggambarkan situasi genting di atas kapal yang akan tenggelam tersebut. Dalam sebuah video yang beredar, ratusan penumpang terlihat panik, dan sibuk memakai jaket keselamatan termasuk sejumlah anak-anak dan balita yang menjadi penumpang kapal Lestari Maju tersebut.

Bahkan, ada foto-foto penumpang yang terjun/terlempar ke laut dan terombang-ambing di tengah samudera. Sebagian penumpang mencoba bertahan bergelantungan pada badan kapal yang sudah miring hampir tenggelam.

Berikut ini foto-foto yang diterima Bisnis.com, detik-detik genting saat kapal akan tenggelam yang dikirimkan oleh salah seorang penumpangnya. Dana setelah foto beredar, penumpang yang bersangkutan belum bisa dihubungi.

Penumpang kapal mencoba bertahan di atas badan kapal yang sudah miring hampir tenggelam.

Sejumlah penumpang terlihat mencoba bertahan agar tidak terjatuh ke laut dengan berpegangan pada tali tambang  yang ada pada badan kapal.

Dua unit kendaraan yang diangkut kapal hampir terlempat ke laut.

Seorang penumpang dengan menggendong balita mencoba bertahan di atas kapal yang sudah miring dan hampir tenggelam.

Sejumlah penumpang yang berada di atas kapal berpegangan pada sisi kanan kapal, saat kapal mulai miring ke kiri.

Sejumlah penumpang terlihat mencoba berenang ke sebuah pulau, meskiun harus terombang-ambing oleh gelombang arus laut yang cukup besar.

Dua kendaraan, citycar dan pikap terhempas ke laut saat kapal miring dan hampir tenggelam.

Tag : kapal tenggelam
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top