Koalisi Umat Madani Deklarasi Amien Rais Sebagai Capres, PAN Apresiasi

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengatakan partainya baru akan mengmumkan soal calon presiden pada akhir bulan ini meski Koalisi Umat Madani (KUM) telah mendeklarasikan dukungannya kepada Amien Rais sebagai capres.
John Andhi Oktaveri | 01 Juli 2018 17:46 WIB
Mantan Ketua MPR Amien Rais berjalan keluar seusai mendatangi Pansus Angket KPK di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/7). - ANTARA/M Agung Rajasa

Kabar24.com, JAKARTA — Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengatakan partainya baru akan mengmumkan soal calon presiden pada akhir bulan ini meski Koalisi Umat Madani (KUM) telah mendeklarasikan dukungannya kepada Amien Rais sebagai capres.

"Akhir Juli [umumkan koalisi dan pencapresan]," ujarnya.

Namun demikian dia mengaku merupakan sebuah kehormatan bagi PAN kalau KUM mendeklarasikan pencapresan Amien Rais.

“Sebuah kehormatan bagi PAN ketika Amien Rais dipercaya untuk maju sebagai calon presiden,” ujarnya.

Untuk itu Zulkifli menyampaikan apresiasinya atas inisiatif dari koalisi tersebut karena PAN sendiri baru bisa menentukan koalisinya untuk di pemilu 2019 pada akhir bulan ini.

Sebelumnya, KUM meminta Amien untuk segera 'turun gunung' menjadi capres di pilpres 2019 mendatang agar memainkan peran penting dan strategis menyelamatkan nasib bangsa yang sedang di ujung tanduk.

"Kami meminta Bapak Amien Rais untuk segera 'turun gunung' guna memenuhi panggilan umat," demikian bunyi pernyataan pers KUM saat deklarasi meminta dan mengusung Amien sebagai Capres 2019.

Koalisi Umat Madani (KUM) mendeklarasikan Amien Rais sebagai calon presiden (Capres) di Pilpres 2019 Sabtu lalu.

KUM menyatakan saat ini pihaknya tengah mencari sosok pendamping Ketua Dewan Kehormatan PAN itu.

"Memang masalah wakil presiden ini ada perhitungan, kombinasinya kombinasi yang kuat yang bisa dipasangkan untuk melawan petahana [Presiden Jokowi]," kata Ketua Koalisi Umat Madani Letjen (Purn) Syarwan Hamid.

"Tentunya kami tidak pasif menunggu tapi kami proaktif mensosialisasikan," ujarnya.

Koalisi Umat Madani juga membuka peluang untuk menyandingkan Amien Rais dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto dalam kontestasi politik lima tahunan itu. Dia mengaku sudah ada pembicaraan antara Amien Rais dengan Prabowo.

Tag : jokowi, partai amanat nasional, amien rais
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top