Warga Indonesia di Wina Rayakan Idulfitri

Komunitas muslim Indonesia di Austria merayakan Hari Raya Idulfitri bersama dalam rangkaian kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.30 hari Jumat (15/6/2018).
Andhina Wulandari | 17 Juni 2018 08:23 WIB
Silaturahmi Lebaran warga Indonesia di Wina - Istimewa

Bisnis.com, WINA - Komunitas muslim Indonesia di Austria merayakan Hari Raya Idulfitri bersama dalam rangkaian kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.30 hari Jumat (15/6/2018).

Perayaan Idulfitri 1439 H dimulai dengan kegiatan shalat Idulfitri yang digelar di Wisma Duta Besar RI di Wina, Austria. Salat Idulfitri tahun ini dipimpin oleh Ustadz Sugeng Harjanto, salah seorang WNI yang bekerja di OPEC Fund for International Development, dan diikuti oleh sekitar 300 jamaah yang terdiri dari pejabat dan staf KBRI/PTRI Wina, anggota Wapena (Warga Pengajian Wina), komunitas Persatuan Pelajar Indonesia (PPI), serta masyarakat Indonesia lainnya.

Dalam khotbahnya, secara garis besar Ustadz Sugeng Harjanto mengimbau para jamaah untuk menjaga kesinambungan ibadah, baik yang bersifat mahdoh maupun yang bersifat muamalah, dan berbagai kebiasaan baik lainnya yang telah dimulai di bulan Ramadhan pada bulan-bulan selanjutnya.

“Mari kita manfaatkan momentum Idulfitri ini untuk meningkatkan peran di dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, termasuk dengan membantu kaum duafa dan menjauhi perbuatan mungkar,” tambahnya.

Sugeng menyebutkan bahwa Al Quran dan Hadist mendorong umat muslim untuk berperan sebaik-baiknya di tengah masyarakat, sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW yang selalu mengedepankan kesederhanaan, kesabaran, empati, dan perdamaian dalam upaya memajukan masyarakat di sekitar beliau.

Perayaan Idulfitri kemudian dilanjutkan dengan acara silaturahmi antara masyarakat Indonesia dengan Duta Besar RI beserta keluarga, serta dilanjutkan dengan santap siang bersama yang menghadirkan menu-menu tradisional Lebaran khas Indonesia seperti Ketupat, Rendang, Opor Ayam, Pempek, dan Bakso.

Acara silaturahmi juga dihadiri oleh perwakilan berbagai organisasi masyarakat Indonesia di Austria, di antaranya Keluarga Kristen Austria (KKIA) dan Lembaga Persahabatan Indonesia – Austria. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, perayaan Idulfitri tahun ini berjalan lancar dan tertib. Meskipun shalat Idul Fitri berlangsung pada hari kerja, tidak sedikit jumlah WNI yang meluangkan waktunya untuk datang ke KBRI/PTRI Wina untuk menjalankan salat berjamaah sekaligus memanfaatkan momentum Idulfitri ini untuk bersilaturahmi dengan masyarat WNI di Austria lainnya.

Perayaan hari raya Idulfitri merupakan bagian dari pelaksanaan misi KBRI Wina di bidang pembinaan masyarakat di negara akreditasi sekaligus refleksi upaya memperkuat kehadiran Negara di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Hal ini juga sejalan dengan semangat agenda kesembilan Program Prioritas Pembangunan Nasional Nawacita Presiden RI, Joko Widodo, yakni memperteguh kebhinekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia melalui ruang dialog antar masyarakat. Diharapkan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan seperti ini akan semakin memupuk semangat persatuan dan kesatuan, sekaligus mempertebal rasa nasionalisme masyarakat Indonesia, khususnya bagi masyarakat Indonesia yang berada di Austria.

Tag : swiss, lebaran
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top