ARUS MUDIK: H-1, Lalu Lintas Sekitar Pasar Bantul Meningkat

Arus lalu lintas kendaraan di kawasan Pasar Bantul, Jalan Jenderal Sudirman, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Kamis atau sehari menjelang Idulfitri 1439 Hijriah (H-1) mengalami peningkatan dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya.
Newswire | 14 Juni 2018 13:47 WIB
Pemudik kendaraan roda dua melintasi Jalan Raya di Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (12/6). Mudik dengan mengendarai sepeda motor dianggap lebih hemat, selain itu bisa lebih leluasa untuk bersilaturahmi di kampung halaman. - ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Arus lalu lintas kendaraan di kawasan Pasar Bantul, Jalan Jenderal Sudirman, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Kamis atau sehari menjelang Idulfitri 1439 Hijriah (H-1) mengalami peningkatan dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya.

"Kalau arus lalu lintas di depan Pasar Bantul ini sudah mengalami peningkatan sejak H-2, baik dari arus pemudik maupun dari masyarakat sekitar, " kata Kepala Polsek Bantul Kompol Paimun di Pos Pantau Lebaran Pasar Bantul, Kamis (14/6/2018).

Dia menjelaskan peningkatan arus kendaraan di kawasan Pasar Bantul sebagian berasal dari kendaraan pelat luar DIY, seperti Jakarta dan Bogor.

Hal itu, kata dia, karena mereka para pemudik yang sudah memasuki wilayah Bantul untuk merayakan Lebaran.

"Termasuk di pasar ini juga meningkat kaitannya dengan warga pemudik yang berbelanja, termasuk di pertokoan-pertokoan juga banyak. Kalau keramaian belanja sudah meningkat sejak H-5 kemarin, namun ini lebih meningkat lagi," katanya.

Kompol Paimun mengatakan puncak kepadatan arus lalu lintas di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, terutama depan Pasar Bantul termasuk di pertokoan setempat, terjadi pada H-2 dan H-1 Lebaran, sebab keesokan hari selanjutnya masyarakat sudah merayakan Idul Fitri.

"Namun kalau lalu lintas di sini sejauh ini masih lancar, kalaupun padat banget itu mungkin hanya sebentar, dan kita sudah antisipasi dengan pengaturan dari personel yang kita tarik ke sini," katanya.

Kapolsek Bantul menjelaskan Pos Pantau dan Pos Pengamanan Lebaran yang didirikan bersama institusi terkait itu setiap harinya disiagkan 10 anggota Polri, kemudian ditambah personel dari instansi terkait, seperti TNI, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP.

"Kalau untuk kamtimbas [keamanan dan ketertiban masyarakat] di Pasar Bantul Alhamdulillah sampai saat ini kondusif, hanya ada laporan kehilangan kecil-kecilan dan tidak begitu menonjol, jadi masih kondusif," katanya.

Sumber : Antara

Tag : bantul, mudik lebaran
Editor : Pamuji Tri Nastiti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top