JELAJAH JAWA BALI 2018: Simak Kisah Tim Jelajah Jawa Bali Memasuki Hari Kedua Perjalanan

Tim kedua Liputan Lebaran-Jelajah Jawa Bali (LL-JJB) 2018 yang bertugas menyusuri rute Pantai Selatan (Pansela) mulai memasuki Ciamis sejak Sabtu (9/6/2018) pagi.
Tim Jelajah Jawa-Bali 2018 | 09 Juni 2018 12:28 WIB
Arus lalu lintas di depan posko pemantauan arus Dinas Perhubungan Ciamis pada H-6 Lebaran 2018 terpantau ramai lancar, Sabtu (9/6). - Bisnis/Krizia Putri Kinanti

Bisnis.com, JAKARTA -- Tim kedua Liputan Lebaran-Jelajah Jawa Bali (LL-JJB) 2018 yang bertugas menyusuri rute Pantai Selatan (Pansela) mulai memasuki Ciamis sejak Sabtu (9/6/2018) pagi.

Sejak dilepas di kantor Wisma Bisnis Indonesia, Jumat (8/6), total waktu perjalanan yang kami tempuh adalah 21 jam dengan jarak tempuh 310 kilometer (km).

Masih ada waktu yang panjang sebelum kami mengakhirinya di Bali. Sejauh ini, tim kedua baru menempuh 1% dari total rute sejauh 30.000 km.

Melewati jalan berliku dan bergelombang yang menjadi ciri khas Pansela, ditambah penerangan yang kurang dan kemacetan yang tidak bisa diprediksi.

Ditambah lagi, rute ini seringkali bersingungan dengan pasar-pasar dadakan yang dibuka oleh masyarakat agar perekonomian terus berdenyut. Meskipun kadang tidak mengindahkan kaidah berdagang yang wajar tanpa harus mempersempit jalur lalu lintas.

Kami sepakat, perjalanan jauh ini harus ditempuh dengan selamat. Menjaga kondisi badan dengan tidak memaksakan membabat jalur di tengah malam dan mengistirahatkan mobil Toyota Fortuner yang digunakan supaya performanya tetap terjaga.

Di Ciamis, kami menyempatkan waktu untuk mengecek kendaraan di Toyota Service Station sebelum melanjutkan perjalanan mengingat kami masih akan melewati jalur Pansela yang berliku seperti tubuh naga.

Rudy, mekanik dari bengkel Toyota, melakukan servis pada umumnya agar tetap performa mobil tetap terjaga. Selain itu, dia juga menyarankan agar kami menukar ban depan menjadi ban belakang karena rupaya jalur selatan yang kami lewati agak mengikis ban.

Saran tersebut tentu saja kami ikuti, percayakan saja sama ahlinya supaya keamanan dan kelancaran perjalanan tetap terjaga.

Selain bengkel Toyota, pemudik dari arah Jakarta menuju Jawa melalui jalur Pantura dan Pansela dapat memanfaatkan fasilitas Toyota Astra Motor (TAM) di beberapa titik krusial.

TAM menyiapkan fasilitas berupa Posko Siaga, Bengkel Siaga jam, dan bengkel lainnya yang tetap dibuka pada saat libur Lebaran.

Titik pelayanan tersebut terdiri dari 23 Posko Siaga di jalur mudik Pulau Sumatera, Jawa, Bali, dan Sulawesi. Selain itu, 11 Bengkel Siaga yang beroperasi selama 24 jam serta 273 Bengkel Siaga yang tetap buka selama masa libur Lebaran.

Setelah proses pengecekan dan servis selesai, kami masih akan mengeksplorasi hal-hal baru dan mengabarkan jalur mudik sepanjang rute Pansela. Jadi, pantau terus laporan Jelajah Jawa Bali 2018 di Bisnis.com serta akun Instagram Bisnis, @bisniscom.

Berikut daftar Bengkel Siaga Toyota 24 Jam untuk menjaga kelancaran arus mudik 2018:

  1. Auto2000 Tanjung Karang Raja Basa, Jl Raya Hadji Mena, Lampung Selatan
  2. Auto2000 Bogor Siliwangi, Jl Siliwangi 76 Bogor
  3. Auto2000 Pasteur, Jl Dr Djundjunan No. 192 Bangung
  4. Nasmoco Pekalongan, Jl Raya Kalibanger KM 3 Pekalongan
  5. Nasmoco Pemuda, Jl Pemuda no 72 Semarang
  6. Nasmoco Slamet Riyadi, Jl Slamet Riyadi 558 Solo
  7. Nasmoco Magelang, Jl Magelang-Yogya KM 5 Mertoyu dan Magelang
  8. Nasmoco Mlati, Jl Magelang KM 7 Sleman
  9. Surya Indah Motor Kudus, Jl Raya Kudus-Pati Km 4 Kudus
  10. Auto2000 Surabaya Ahmad Yani, Jl Jend. Ahmad Yani No. 210 Surabaya
  11. Hadji Kalla Palopo, Jl Jend Sudirman No. 97 Palopo

Penulis naskah: Tim Jelajah Jawa Bali 2018 (Krizia Putri Kinanti, Adam Rumansyah, Pandu Gumilar, M.Richard)

Sumber : tim jelajah

Tag : tim jelajah jawa-bali, Mudik Lebaran 2018
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top