Malaysia Buka Rekening Tampung Bantuan Dana Warga untuk Lunasi Utang

Kementerian Keuangan Malaysia resmi membuka rekening Tabung Harapan Malaysia (THM) bagi warganya yang ingin membantu pemerintah melunasi utang negara.
Newswire | 31 Mei 2018 00:26 WIB
Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad dalam konferensi pers di Putrajaya, Malaysia, Rabu (23/5). - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Keuangan Malaysia resmi membuka rekening Tabung Harapan Malaysia (THM) bagi warganya yang ingin membantu pemerintah melunasi utang negara.

"Derma dan sumbangan bisa disalurkan dalam bentuk mata uang ringgit saja. Sumbangan THM bisa disalurkan melalui rekening Malayan Banking Berhad 566010626452," papar Menteri Keuangan Malaysia Lim Guang Eng, seperti dilansir Antara, Rabu (30/5/2018).

Dia menerangkan pembukaan THM dilakukan untuk merespons keprihatinan masyarakat terhadap ekonomi negara dan wujud kesadaran masyarakat dalam membantu pemerintah, di mana rakyat ingin membantu pemerintah secara sukarela.

"Pemerintah menyampaikan terima kasih atas keprihatinan dan sumbangan masyarakat," tutur Lim.

Sebelumnya, seorang warga Malaysia bernama Nik Shazarina Bakti melakukan aksi penggalangan dana secara online karena prihatin terhadap utang negara yang mencapai 1 triliun ringgit. Nilai ini sekitar Rp3.494,64 triliun.

Inisiatif bertajuk Please Help Malaysia! itu diwujudkan sebagai usaha mendapatkan bantuan keuangan dari orang banyak untuk bersama membantu menyelesaikan utang.

Penggalangan dana yang dilakukan lewat laman gogetfunding.com itu berhasil mengumpulkan 633.000 dolar AS atau 14.463 ringgit, per 27 Mei 2018. Adapun targetnya adalah 100 juta dolar AS atau sekitar 398.100 ringgit pada 31 Juli 2018.

Perempuan alumni sarjana hukum University of London, Inggris itu juga mencantumkan potongan ayat yang berisi kenangan manis ketika rakyat Malaysia dulu mengizinkan Tunku Abdul Rahman pergi ke London untuk memperoleh kemerdekaan.

Nik Shazarina menjelaskan semua dana yang masuk akan disalurkan ke Pemerintah Malaysia melalui Kementerian Keuangan.

Tindakan ini mendapat pujian dari anak Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad, Marina Mahathir, melalui Facebook-nya. Dia juga mengharapkan masyarakat Malaysia dapat membantu inisiatif tersebut.

Sumber : Antara

Tag : malaysia
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top