Gunung Merapi Meletus, Hujan Abu Sampai ke Kebumen

Hujan abu terdeteksi sampai Kebumen dan Gombong Jawa Tengah, dampak dari erupsi freatik Gunung Merapi, Kamis (24/5/2018). Dengan kata lain, jangkauan abu tersebut mencapai lebih dari 80 km ke arah barat daya.
Nina Atmasari | 24 Mei 2018 09:10 WIB
Hujan abu Merapi terjadi di Nglawisan Tamanagung Muntilan Kabupaten Magelang, Kamis (24/5/2018) dini hari. - Istimewa/ Twitter reddy - reddong

Bisnis.com, JOGJA - Hujan abu terdeteksi sampai Kebumen dan Gombong Jawa Tengah, dampak dari erupsi freatik Gunung Merapi, Kamis (24/5/2018). Dengan kata lain, jangkauan abu tersebut mencapai lebih dari 80 km ke arah barat daya.

Berdasarkan informasi dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melalui akun twitter resmi mereka @BPPTKG dilaporkan hujan abu Merapi sampai ke Kebumen dan Gombong. Jarak Kebumen ke Gunung Merapi mencapai 88 km.

Hujan abu juga terjadi di wilayah kecamatan Kemiri sisi utara kota Purworejo.HUjan abu di kawasan ini masih berlangsung hingga pukul 06.19 WIB. "Semoga semuanya baik-baik saja," tulis akun @Nandarkuo23.

Di kawasan Dusun Nglawisan Desa Tamanagung Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang yang lebih dekat dengan Gunung Merapi, akun @reddy_reddong melaporkan pada pukul 04.00 WIB sudah putih semua halaman depan, namun hujan abu sudah reda.

Pada Kamis pagi, Gunung Merapi teramati dari pos Selo Boyolali tampak berkabut hanya terlihat puncaknya. "Diharapkan masyarakat tetap melakukan aktivitas seperti biasa dan tetap waspada," kata BPPTKG.

Warga diminta tetap tenang & mempersiapkan masker, kacamata, obat tetes, topi, jaket lengan panjang jika berpergian.

Sumber : harianjogja.com

Tag : gunung merapi
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top