Perpustakaan Harus Menjadi Working Space untuk Lahirkan Inovasi

Perpustakaan harus bertransformasi mengikuti perkembangan teknologi agar dapat menjawab kebutuhan masyarakat.
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 22 Maret 2018  |  16:41 WIB
Perpustakaan Harus Menjadi Working Space untuk Lahirkan Inovasi
Petugas merapikan salah satu fasilitas di Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional - Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Perpustakaan harus bertransformasi mengikuti perkembangan teknologi agar dapat menjawab kebutuhan masyarakat.

“Perpustakaan  tidak hanya menjadi tempat berkumpul untuk membaca buku ataupun mencari informasi tetapi dapat menjadi working space tempat munculnya inovasi baru. Perpustakaan juga dapat menjadi suatu virtual office,” ujar Ainun Nai'im, Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Ainun Nai’im. 

Dia mengungkapkan hal itu dalam acara penandatanganan nota kesepahaman Kemenristekdikti dengan Perpustakaan Nasional tentang Kerjasama Perpustakaan yang berlangsung di Bangka Belitung, dalam keterangan tertulis, Kamis (22/3/2018).

Dia mengapresiasi perkembangan perpustakaan di perguruan tinggi dan Perpustakaan Nasional yang telah mulai mengikuti perkembangan teknologi. “ Perpustaakan kita sudah mulai membuat sistem informasi canggih untuk manajemen dan pencarian koleksi perpustakaan. Perpustakaan Nasional juga telah mengembangkan Digital Library,”’ tutur Ainun.

Pada kesempatan ini Sesjen Ainun juga mengatakan bahwa Kemenristekdikti mendukung upaya integrasi dan sinergi koleksi perpustakaan antar jaringan perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan daerah dan Perpustakaan Nasional. Dengan adanya sinergi dan integrasi ini akan menghasilkan efisiensi dalam anggaran pengadaan koleksi perpustakaan. Selain itu, koleksi perpustakaan juga dapat diakses lebih luas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
perpustakaan

Editor : Bambang Supriyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top