Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hipmi Jatim Bakal Bikin Platform Crowdfunding untuk Pemula

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jawa Timur berencana membuat platform crowdfunding yang bakal membantu pengusaha muda yang kekurangan modal.
Startup/olpreneur.com
Startup/olpreneur.com

Kabar24.com, SURABAYA - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jawa Timur berencana membuat platform crowdfunding yang bakal membantu pengusaha muda yang kekurangan modal.

Ketua umum Hipmi Jatim, Mufti Aimah Nurul Anam mengatakan crowdfunding merupakan salah satu program strategi pengurus Himpi di periode 2018-2021 sebagai funding solution yang selama ini menjadi kendala utama para pengusaha muda.

"Tidak adanya modal ini kerap menjadi faktor kendala pengusaha muda bahkan akhir tahun lalu disebutkan ada 27,1% pengusaha pemula yang gulung tikar karena tidak ada dana," katanya dalam siaran rilis pelantikan pengurus Hipmi Jatim, Kamis (1/3/2018).

Dia menjelaskan rencananya program crowdfunding ini akan diberi nama usaharakyat.com yang dilakukan dengan cara menghimpun dana CSR dari anggota-anggota Himpi yang kemudian disalurkan kepada pengusaha lain yang membutuhkan modal.

Anam menambahkan sebelum program tersebut dijalankan, terlebih dulu Hipmi akan melakukan pembibitan atau seeding pengusaha muda dengan menyasar pelajar SMA dan kalangan pesantren di Jatim.

"Di Jatim sendiri ada sekitar 11.800 santri yang sangat berpotensi untuk dikembangkan karena lulus dari pesantren tidak melulu jadi ustad tapi juga bisa jadi pengusaha," imbuhnya.

Meski begitu, lanjutnya, Hipmi perlu melakukan kolaborasi dengan semua stakeholder guna membangun jaringan yang kuat agar daya saing di era distrupsi ekonomi dapat teratasi.

"Kita juga akan bikin inkubator ekonomi untuk pengusaha muda agar bisa meningkatkan value usahanya," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper