MPR : Jangan Jauhkan Parlemen Dari Rakyat

Apel siaga satuan pengamanan di komplek parlemen diharapkan menjadi langkah koordinasi dari tiga kesatuan serta tidak menjauhkan rakyat dengan wakil rakyat.
Newswire | 26 Februari 2018 16:07 WIB
Gedung DPR di Senayan, Jakarta - Antara

Kabar24.com, JAKARTA -  Langkah pengamanan kompleks parlemen diharap tidak membuat rumah rakyat itu justru tak bisa diakses pemiliknya.

Sekretaris Jenderal MPR RI Ma'ruf Cahyono menyatakan apel siaga satuan pengamanan di komplek parlemen diharapkan menjadi langkah koordinasi dari tiga kesatuan serta tidak menjauhkan rakyat dengan wakil rakyat.

"Pengamanan yang dilakukan di komplek Parlemen atau MPR/DPR/DPD RI, dilakukan secara ketat tapi persuasif, sehingga diharapkan tidak menjauhkan antara rakyat dengan wakil rakyat," kata Ma'ruf Cahyono. 

Hal itu disampaikan saat Ma'ruf menjadi Inspektur Upacara Apel Satuan Pengamanan MPR/DPR/DPD RI dan Pengamanan Obyek Vital (Pam Obvit) di halaman Gedung Nusantara IV, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Senin (26/2/2018).

Menurut Ma'ruf Cahyono, sebagai bagian dari satuan pengamanan yang berada di lingkungan komplek parlemen, dirinya menyebut satuan pengamanan parlemen memiliki kemampuan berbeda dengan satuan pengamanan di kementerian dan lembaga lainnya.

Personel satuan pengamanan di komplek Parlemen harus memiliki keterampilan khusus ketika melayani semua pihak yang memiliki keperluan dan berada di gedung parlemen.

"Kita tidak hanya perlu fisik yang kuat tapi juga mental yang sehat, sehingga memiliki kreativitas dalam bekerja dan produktif dalam melayani," katanya.

Ma'ruf juga berharapkan para satuan pengamanan mampu menerjemahkan tugas-tugas khusus, karena parlemen sebagai komplek gedung wakil rakyat dijaga secara ketat tapi persuasif sehingga selalu kondusif.

Tugas satuan pengamanan, meskipun kadang-kadang bersikap tegas, kata dia, tapi langkah yang dilakukan tidak boleh menjauhkan antara rakyat dengan wakil rakyat.

"Rumah wakil rakyat harus terus dimonitor dari berbagai gangguan. Bila rumah wakil rakyat terganggu maka akan berdampak pada masalah bangsa dan negara," tambahnya.

Ma'ruf juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh satuan pengamanan yang telah melakukan tugas apel pada Senin pagi hari ini.

Menurut dia, satuan pengamanan dari tiga kesatuan yakni, MPR, DPR, DPD, telah bekerja keras menjalankan tugasnya, sehingga perlu diapresiasi.

Di selenggarakannya apel siaga, kata dia, adalah langkah yang baik untuk melakukan koordinasi di antara tiga lembaga.

Sumber : Antara

Tag : dpr
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top