Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kampung Kramat, Kampung Tematik Baru Kota Malang

Kampung Kramat yang berlokasi RT 07 RW 03 Kelurahan Kasin, Kec. Klojen, menjadi kampung tematik terbaru di Kota Malang dengan ciri khas banyak mural dan ikon-ikon lucu.
Kampung Kramat yang disulap menjadi lebih ceriah dengan warna-warna cerah dan mural yang beraneka tema. Bisnis/Istimewa
Kampung Kramat yang disulap menjadi lebih ceriah dengan warna-warna cerah dan mural yang beraneka tema. Bisnis/Istimewa

Kabar24.com, MALANG—Kampung Kramat yang berlokasi RT 07 RW 03 Kelurahan Kasin, Kec. Klojen, menjadi kampung tematik terbaru di Kota Malang dengan ciri khas banyak mural dan ikon-ikon lucu.

Wali Kota Malang, Mochamad Anton mengatakan kampung sebagai ruang kota dapat menjadi bagian penting dalam pengembangan kota kreatif. Keberadaan kampung menjadi pondasi dalam struktur perkembangan kota dan sangat berperan dalam perekonomian kota dengan pendekatan ekonomi kreatif dan pariwisata.

“Sebagai salah satu wujud dari ruang kreatif kota, maka kampung harus memiliki identitas dan kekhasan sebagai tempat yang mandiri serta mendukung konsep dari suatu kota kreatif,” katanya, di sela-sela peresmian kampung tersebut, Selasa (13/2/2018).

Bentuk konkretnya, keberadaan Kampung Kramat Kelurahan Kasin. Kehadiran kampung tersebut atas inspirasi warga yang telah mendapatkan Juara 3 Lomba Kampung Tematik yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Malang beberapa waktu yang lalu.

Dengan dukungan dari PT. Propan Raya, IAI Cabang Malang serta Utero Indonesia secara bergotong royong bersama sehiongga terealisasi pembangunan kampung tematik tersebut.

Kampung ini terletak dekat dengan salah satu kawasan pemakaman terluas di Kota Malang, dimana pada makam tersebut tidak hanya terdapat makam seorang tokoh masyarakat, yakni Habib Abdul Qadir bin Faqih, pendiri Pondok Pesantren Darul Hadits Kota Malang.

Namun di tengahnya, n ada 70 KK warga RT.07 yang menggunakan area makam ini sebagai tempat tinggal.

Filosofi masyarakat di sana bahwa setiap manusia yang hidup di dunia ini, pasti akan meninggal dunia. Untuk itu, semasa hidup harus senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, dengan menjalankan segala perintah dan menjauhi larangannya serta senantiasa berpedoman pada Alqur’an dan sunah rasul.

Anton juga berterima kasih kepada PT. Propan Raya, Utero Indonesia dan Malang Creative Fusion, yang telah mewujudkan Kampung Kramat serta secara umum terlibat ktif dalam upaya menata lingkungan Kota Malang.

Dengan perubahan kampung tersebut, maka kampung Kramat yang juga kesannya seram justru lebih bersahabat, lebih ceriah dengan warna-warna rumah yang menyala.

Untuk mengurangi efek seram, kampung ini diberikan sentuhan warna mural. Ada ikon-ikon lucu yang khas dari kampung seperti gambaran kehidupan di alam kubur yang pas sebagai spot berfoto selfie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper