Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PM China Tegaskan Pentingnya Hubungan Dengan Indonesia

Perdana Menteri China Le Keqiang mengapresiasi hubungan bilateral dengan Indonesia, khususnya di bidang ekonomi
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi telah lakukan kunjungan kehormatan kepada Premier China, Li Keqiang, Beijing, Jumat (9/2/2018). Menlu RI menekankan  kerjasama ekonomi harus menguntungkan kedua pihak.
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi telah lakukan kunjungan kehormatan kepada Premier China, Li Keqiang, Beijing, Jumat (9/2/2018). Menlu RI menekankan kerjasama ekonomi harus menguntungkan kedua pihak.

Bisnis.com, JAKARTA—Perdana Menteri China Le Keqiang mengapresiasi hubungan bilateral dengan Indonesia, khususnya di bidang ekonomi.

“Hubungan RI – Tiongkok terus mengalami peningkatan, khususnya di bidang ekonomi. Namun demikian kerja sama kedua negara harus selalu saling menguntungkan,” tutur Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai melakukan kunjungan kehormatan kepada PM China, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Jumat (9/2/2018).

Kunjungan kehormatan Menlu RI kepada PM China merupakan bagian dari rangkaian kegiatan kunjungan kerja bilateral, atas undangan Menlu China Wang Yi.

Dalam pertemuan tersebut, Menlu RI juga mendorong agar Indonesia – China dapat mengatasi berbagai tantangan dan memanfaatkan peluang, guna merealisasikan berbagai kesepakatan kerja sama di bidang ekonomi, perdagangan dan investasi, infrastruktur, termasuk investasi di 4 koridor ekonomi.

Untuk itu, Retno menyampaikan harapan kiranya PM Liu Keqiang dapat terus memberikan dukungan penuh bagi kerja sama dan kemitraan kedua negara.

Lebih lanjut, Menlu RI menyampaikan perlunya upaya untuk mendorong pertumbuhan perdagangan bilateral yang pesat dan berimbang.

Pihaknya juga meminta PM China untuk terus mendukung kerja sama investasi kedua negara, termasuk dalam berbagai proyek yang telah disepakati.

China adalah mitra dagang terbesar Indonesia dengan nilai perdagangan mencapai lebih dari US$52 miliar (Januari – November 2017).

Sementara itu, di bidang investasi, China adalah investor asing terbesar ke-3, dengan nilai investasi total US$ 3,4 miliar.

Tahun lalu, wisatawan asing asal China juga menempati peringkat pertama jumlah wisatawan ke Indonesia, yang mencapai 2 juta orang.

“Yang harus kita pastikan adalah hubungan harus saling menguntungkan dan saling menghormati. Indonesia menginginkan perdagangan yang seimbang,” tambah Retno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper