Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres Wacanakan Program Pertukaran Kepala Sekolah Antardaerah

Untuk memperkuat dan mengembangkan pendidikan hingga ke daerah-daerah, Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan program pertukaran kepala sekolah antardaerah.
Wapres JK/Antara
Wapres JK/Antara

Kabar24.com, DEPOK—Untuk memperkuat dan mengembangkan pendidikan hingga ke daerah-daerah, Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan program pertukaran kepala sekolah antardaerah.

Dia mencontohkan, kepala sekolah di pulau Jawa bisa dipindahkan ke daerah lain misalnya Indonesia bagian timur maupun sebaliknya.

Harapannya, para kepala sekolah bisa saling bertukar kultur pendidikan. Wapres JK menyebut program tersebut dahulu pernah dilakukan saat dirinya bersekolah.

Saat bersekolah di Sulawesi Selatan, dia pernah diajar dan dididik guru  dari pulau Jawa. Saat ini hal itu tidak dilakukan lagi.

"Kalau bisa dilakukan lagi pertukaran kepala sekolah sehingga tahu kebudayaan masing-masing. Sekarang sampai pensiun, dia [guru] tidak pernah dipindah," kata Wapres JK di sela-sela acara Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2018 di Pusdiklat Kemendikbud, Depok, Jawa Barat, Rabu (7/2/2018).

Wapres menilai, dengan berbedanya kebudayaan, pendidikan di setiap daerah menghasilkan semangat belajar dan mengajar yang berbeda pula.

Dengan adanya pertukaran itu dia berharap kepala sekolah bisa meningkatkan semangat belajar. Semangat belajar  tersebut diharapkan juga menular kepada orang tua untuk mendorong anaknya semangat menimba ilmu.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper