Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

GERHANA BULAN TOTAL: Malam Ini, Harga Ikan Bakal Melonjak

Gerhana bulan Total picu ketakutan di kalangan nelayan di Ternate. Peristiwa alam, yang akan terjadi pada Rabu (31/1/2018) hingga Kamis (1/2/2018) dinihari, yang diprediksi menimbulkan air laut pasang dan gelombang tinggi, membuat para nelayan di Ternate, Maluku Utara takut melaut. Diprediksi, harga ikan di pasaran setempat akan melonjak.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 31 Januari 2018  |  18:02 WIB
Gerhana bulan total di pegunungan Los Andes Santiago, Chile, January 30, 2018. - Reuters
Gerhana bulan total di pegunungan Los Andes Santiago, Chile, January 30, 2018. - Reuters

Bisnis.com, TERNATE - Gerhana bulan Total picu ketakutan di kalangan nelayan di Ternate. Peristiwa alam, yang akan terjadi pada Rabu (31/1/2018) hingga Kamis (1/2/2018) dinihari, yang diprediksi menimbulkan air laut pasang dan gelombang tinggi, membuat para nelayan di Ternate, Maluku Utara takut melaut. Diprediksi, langkah nelayan iitu, akan memicu harga ikan di pasaran setempat melonjak.

"Kami takut melaut. Sesuai informasi melalui siaran televisi, gerhana bulan total itu akan menimbulkan gelombang tinggi di perairan Maluku Utara sampai 4 meter,"kata salah seorang nelayan di Ternate, Jakaria, Kamis (31/1/2018).

Para nelayan mengaku tidak akan melaut sampai beberapa hari kedepan, karena gelombang tinggi, yang ditimbulkan fenomena gerhana bulan total itu, sesuai penyampaian dari Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akan berlangsung hingga awal Februari 2018.

Menurut dia, walaupun mereka akan kehilangan pendapatan karena tidak melaut, tetapi itu merupakan pilihan terbaik. "Kalau memaksakan diri melaut dengan kondisi ketinggian gelombang sampai 4 meter, sangat membahayakan keselamatan di laut, terutama jika menggunakan kapal kecil," ujarnya.

Banyaknya nelayan di Ternate dan kabupaten/kota lainnya di Maluku Utara yang memutuskan tidak melaut itu, maka diperkirakan harga ikan di pasaran setempat akan melonjak, apalagi kalau stok ikan di tingkat pedagang yang masuk dalam beberapa hari terakhir mulai menipis. Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Ternate, Muhammad Rizal membenarkan gerhana bulan total akan menimbulkan dampak di bumi, yakni terjadinya air laut pasang, sehingga masyarakat yang tinggal di daerah pantai harus waspada.

Jika air laut pasang tersebut disertai dengan terjadinya angin kencang, akan berpotensi menimbulkan gelombang tinggi, untuk di perairan Maluku Utara, terutama di perairan Utara Pulau Halmahera bisa mencapai 4 meter.

Ia menambahkan, gerhana bulan total di wilayah Maluku Utara diprediksi terjadi pukul 21:51 WIT, yang jika tidak berawan dan tidak turun hujan dapat disaksikan masyarakat tanpa menggunakan pelindung mata.

Gerhana bulan total di pegunungan Los Andes Santiago, Chile, January 30, 2018 (atas) dan 31 Januari 2018 (bawah)/Reuters

Pada 31 Januari 2018, akan terjadi Fenomena Super Blue Blood Moon atau Supermoon yang bertepatan dengan Gerhana Bulan Total. Yaitu  posisi matahari, bumi dan bulan berada pada satu garis lurus. Kejadian Gerhana Bulan Total dapat diamati di sebagian besar wilayah Indonesia. Fenomena ini merupakan fenomena langka karena akan terulang lebih dari 100 tahun untuk di Amerika, sementara wilayah Indonesia 36 tahun (30-31 Desember 1982) sehingga masyarakat diharapkan melihat atau mengamati fenomena ini dan bukan dijadikan sesuatu yang menakutkan.

Kepala BMKG,  Dwikorita Karnawati menjelaskan  pengamatan ini dapat dilihat secara ideal dari daerah perbatasan mulai dari perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur hingga daerah yang berada di sebelah barat Sumatra. Yaitu di Samudera Hindia, yang berada sebelah barat Sumatra, yang merupakan zona bulan terbit saat fase gerhana penumbra berlangsung.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gerhana Bulan Total

Sumber : ANTARA

Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top