Anies-Sandi Diagendakan Pantau Pengamanan Natal

Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno diagendakan akan melakukan monitoring pengamanan Natal di sejumlah gereja di Ibu Kota, pada Minggu (24/12/2017) malam nanti. Monitoring akan dilakukan bersama dengan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).
Ilman A. Sudarwan | 24 Desember 2017 15:51 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) berjabat tangan dengan Wakil Gubernur Sandiaga Uno seusai mengikuti Rapat Paripurna di DPRD DKI Jakarta, Rabu (15/11). - ANTARA/Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno diagendakan akan melakukan monitoring pengamanan Natal di sejumlah gereja di Ibu Kota, pada Minggu (24/12/2017) malam nanti.

Monitoring akan dilakukan bersama dengan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta, Hendra Hidayat mengatakan monitoring pengamanan Natal ini rutin dilakukan setiap tahunnya oleh kepala daerah bersama dengan Forkopimda. 

"Untuk memastikan bahwa ibadah malam Natal bagi umat Kristiani dapat berjalan dengan lancar, aman," ujar Hendra melalui laman berita resmi DKI Jakarta, Minggu (24/12/2017).

Selain itu, Hendra juga mengatakan nantinya pelaksanaan monitoring juga akan menjadi ajang silaturahmi antara para pimpinan daerah dengan umat, khususnya umat Kristiani di Jakarta.

Anies dan Sandi rencananya akan berkunjung ke beberapa Gereja berbeda dalam waktu yang bersamaan. Sejumlah gereja yang akan dikunjungi Anies malam nanti adalah GPIB Bukit Duri, Gereja Antonius Bidara Cina, Gereja Immanuel, dan Gereja Katedral. Sementara Sandi akan mengunjungi GKP Cawang dan Gereja Hati Kudus.

"Untuk monitoring di Gereja Immanuel, dan Gereja Katedral dilakukan bersama-sama," tambah Hendra

Sejauh ini berdasarkan pantauan Bisnis, telah dilakukan beberapa pengamanan oleh pihak kepolisian di beberapa gereja di Jakarta. Salah satunya adalah di Gereja Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Telah ada satu unit tim penjinak bom (Jibom) dari Polda Metro Jaya yang melakukan sterilisasi jelang misa pertama sore nanti di gereja tersebut. Petugas berseragam lengkap memasuki lingkungan gereja sekitar pukul 13.15 WIB. Sebagian dari mereka membawa pendeteksi metal, sisanya menggunakan kaca pemantul dan anjing pelacak.

Mereka kemudian kepolisian menyisir setiap sudut dan kursi yang ada di lingkungan gereja. Hal ini untuk mencari adanya benda-benda mencurigakan yang dapat mengganggu jalannya misa.

Selain itu, pengamanan juga dilakukan pada pintu masuk. Sejumlah petugas telah disiagakan untuk memeriksa setiap jemaat yang akan masuk ke lingkungan gereja. Polisi mendirikan dua metal detektor di pintu masuk.

Tag : Natal dan Tahun Baru
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top