Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TEROR NEW YORK: Pelaku Tinggalkan Catatan Atas Nama ISIS

Pelaku teror serangan di New York pada Rabu (1/11/2017) meninggalkan catatan yang mengatasnamakan ISIS.
Teror serangan truk di New York/Bloomberg
Teror serangan truk di New York/Bloomberg

Kabar24.com, NEW YORK - Penyidik Amerika Serikat memberi perhatian pada seorang pendatang asal Uzbekistan, yang mereka katakan membunuh delapan orang di New York dengan menabrakkan truk sewaan ke kerumunan orang di jalur sepeda tepi pantai.

Serangan tersebut dikatakan oleh pihak berwajib bertanda terorisme. Tersangka itu, yang ditembak polisi dan ditangkap beberapa saat setelah melancarkan serangannya di Lower West Side Manhattan, meninggalkan catatan, yang mengatakan bahwa ia melakukan serangan tersebut atas nama ISIS, kata New York Times dan CNN.

Itu serangan seorang diri dan paling mematikan di New York sejak 11 September 2001, ketika pembajak menabrakkan dua pesawat ke World Trade Center, membunuh lebih 2.600 orang.

Sebanyak 11 orang lagi cedera dalam serangan pada Rabu WIB (1/11/2017) tersebut.

Serangan serupa menggunakan kendaraan sebagai senjata terjadi di Spanyol pada Agustus dan di Prancis serta Jerman tahun lalu.

Kendaraan yang dikemudikan tersangka itu melaju dengan kecepatan yang diperkirakan lebih dari 100 kilometer per jam, dan menerobos ke jalur yang penuh dengan pejalan kaki dan pengguna sepeda di saing hari sebelum membanting kendaraan tersebut ke sisi bus sekolah.

Pria di dalamnya kemudian keluar dari kendaraan itu sambil mengacungkan apa yang terlihat seperti sepasang senapan, sebelum menghadapi seorang petugas polisi kota yang menembak pria itu di bagian perut. Polisi mengatakan mereka menemukan senapan peluru cat dan senapan angin dari tempat kejadian.

Serangan itu berakhir dalam hitungan detik. Rekaman video yang diambil oleh seorang saksi yang beredar dalam jaringan menunjukkan sepeda penyok bertebaran di jalanan, dan setidaknya dua orang tergeletak di tanah. Tersangka tersebut menjalani operasi akibat luka-luka tembak.

Polisi menolak untuk memublikasikan identitas pria itu, tetapi sebuah sumber yang dekat dengan investigasi mengatakan namanya adalah Sayfullo Saipov, 29 tahun. Dia dilaporkan tinggal di Patterson, New Jersey.

Ia menyewa truk itu dari sebuah toko peralatan Home Depot Inc, yang menurut laporan media, terletak di Passaic, sebelah selatan Patterson.

Selain delapan korban jiwa, setidak-tidaknya 11 orang dirawat di rumah sakit karena luka-luka, yang dipaparkan petugas pemadam kebakaran sebagai luka parah, namun tidak mengancam nyawa, demikian Reuters.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper