Pemkot Balikpapan Akan Luncurkan Kanal Informasi Perumahan

Pemerintah Kota Balikpapan akan meluncurkan Q-BIG10 (Kubik Sepuluh), sebuah kanal informasi bagi masyarakat yang berisi rekomendasi perencanaan sektor perumahan.
Nadya Kurnia
Nadya Kurnia - Bisnis.com 29 Oktober 2017  |  17:55 WIB
Pemkot Balikpapan Akan Luncurkan Kanal Informasi Perumahan
Ilustrasi residence di Balikpapan - Istimewa

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan akan meluncurkan Q-BIG10 (Kubik Sepuluh), sebuah kanal informasi bagi masyarakat yang berisi rekomendasi perencanaan sektor perumahan.

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Balikpapan I Ketut Astana mengatakan pihaknya mengembangkan kanal ini atas dasar peningkatan pembangunan sektor perumahan.

Peningkatan tersebut berdampak pada menjamurnya unit perumahan yang menawarkan desain perencanaan tapak perumahan kepada masyarakat.

"Banyaknya pilihan yang ditawarkan oleh pengembang seringkali membuat masyarakat bingung menentukan produk perumahan yang terbaik," papar Astana, Minggu (29/10/2017).

Oleh karena itu Q-BIG10 merupakan jawaban atas kebingungan tersebut. Melalui kanal ini, masyarakat akan memperoleh beragam informasi tentang kelanjutan kebijakan perencanaan yang dilakukan oleh pengembang di Balikpapan dari sisi kualitas.

"Sehingga diharapkan pengetahuan masyarakat akan perkembangan perumahan di Kota ini dapat meningkat, dan akhirnya akan meningkatkan kualitas investasi," lanjutnya.

Lebih lanjut, Astana menjelaskan konten informasi dalam Q-BIG10 tidak membahas seluruh pengembang di Balikpapan, namun lebih kepada pengembang-pengembang yang berkontribusi besar kepada masyarakat.

Seperti paparan 10 pengembang dengan jumlah perumahan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) terbanyak, atau 10 perumahan dengan komposisi RTH (Ruang Terbuka Hijau) terluas.

“Selain memberikan informasi yang berimbang kepada masyarakat terkait perumahan, kanal ini juga menjadi insentif bagi para pengembang yang sudah berkontribusi untuk masyarakat,” katanya.

Untuk tahap pertama Q-BIG10 akan memanfaatkan Facebook sebagai media penyebaran informasi dengan kata kunci "Kubik Sepuluh". Namun kedepannya kanal ini akan dikembangkan secara khusus menjadi sebuah aplikasi yang dapat diakses melalui gadget.

Rencananya kanal ini akan diluncurkan bersamaan dengan kegiatan Pahlawan 3 Generasi yang digelar oleh Disperkim di Taman 3 Generasi, Kecamatan Balikpapan Selatan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pemkot balikpapan

Editor : Martin Sihombing
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top