Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penerimaan CPNS 2017 Gelombang II: Ini Kisi-kisi Soal Tiap Tes

Penerimaan CPNS 2017 Gelombang II: Ini Kisi-kisi Soal Tiap Tes
Peserta seleksi CPNS, mengikuti computer assisted test (CAT)./depok.go.id
Peserta seleksi CPNS, mengikuti computer assisted test (CAT)./depok.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2017 dimulai pada Selasa, 1 Agustus 2017. Seleksi CPNS menarik perhatian masyarakat. Buktinya, tercatat lebih dari 200 ribu pencarian terkait CPNS 2017.

Bagi kamu yang ingin mendaftar seleksi CPNS 2017, ada baiknya untuk mengetahui apa saja tips dan materi yang diujikan agar dapat lolos dalam proses seleksi nanti.

Yang pertama harus dilakukan adalah mendaftar. Ingat, pendaftar harus benar-benar memperhatikan persyaratan dan apa saja yang mesti dilengkapi di website Badan Kepegawaian Negara : scn.bkn.go.id. Setelah membaca dengan seksama, mulailah mengisi data yang dibutuhkan dengan cermat.

Selanjutnya, kamu akan mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Tes (CAT). Pada tahap SKD, kamu akan diminta menyelesiakan tiga kelompok soal yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Dikutip dari website Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan) yakni menpan.go.id, berikut kisi-kisi dari tiap tes yang diujikan. Tes Wawasan Kebangsaan dilakukan untuk menilai pengetahuan dan pengimplementasian nilai-nilai empat pilar kebangsaan. Keempat pilar tersebut meliputi Pancasila, Undang-undang Dasar 1945 (UUD 1945), Bhineka tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pada bagian materi terkait NKRI, kamu akan diuji seputar sistem tata negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia di kawasan regional maupun global, serta kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

Sementara itu, Tes Intelegensia Umum (TIU) bertujuan mengetahui kemampuan CPNS dalam menyampaikan informasi baik lisan maupun tertulis. Tes ini juga dilakukan untuk menilai kemampuan numerik, yaitu kemampuan CPNS untuk melakukan perhitungan angka dan melihat hubungan antar angka tersebut. Meningat hal tersebut, kamu harus mempersiapkan logika yang baik dan perhitungan yang cepat dan tepat.

Materi ketiga adalah Tes Karakteristik Pribadi (TKP) untuk menilai pribadi seseorang. Yang dimaksud dengan kepribadian di sini mencakup integritas diri, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, serta kemampuan untuk bekerja sampai tuntas.

Setelah melakukan SKD, CPNS harus melakukan tes kedua yakni tes seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Tidak semua CPNS yang lolos passing grade dapat mengikuti tes ini. Jumlah peserta TKB paling banyak tiga kali lipat dari jumlah kebutuhan masing-masing jabatan berdasarkan nilai hasil seleksi TKD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper