Warga DKI Jakarta Didorong Manfaatkan Bank Sampah

Warga DKI Jakarta diharapkan bisa memanfaatkan Bank Sampah untuk mendapatkan penghasilan tambahan.Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, Bank Sampah juga bisa dijadikan gerakan ekonomi guna menghasilkan keuntungan investasi.
Newswire | 29 Agustus 2017 20:36 WIB
Wakil Gubernur DKI Terpilih Sandiaga Uno - Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA - Warga DKI Jakarta diharapkan bisa memanfaatkan Bank Sampah untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, Bank Sampah juga bisa dijadikan gerakan ekonomi  guna menghasilkan keuntungan investasi.  

"Saya berharap Bank Sampah Lavender di Kelurahan Selong bisa memberikan solusi tidak hanya dalam penanganan sampah, tapi juga menjadi gerakan perekonomian yang bisa diandalkan warga Jakarta,” ungkapnya.

Dia mengatakan hal tersebut pada penyerahan Gerobak Motor dari Pacific Place Care for Community kepada Bank Sampah Lavender Kelurahan Selong, Kebayoran Baru, Selasa (29/8/2017).

Selama ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih menghadapi tantangan yang tidak mudah di dalam menangani permasalahan sampah ibu kota. Manajemen pengelolaan sampah masih perlu ditingkatkan, produksi sampah belum bisa ditekan sehingga masih ditemukan sampah berserakan di ruang-ruang publik.

Melihat permasalahan tersebut, pengelolaan serta pengumpulan sampah di Jakarta tidak bisa hanya mengandalkan peran pemerintah daerah, tetapi pihak swasta juga perlu berpartisipasi dan berkontribusi secara aktif  dalam menangani permasalahan ini.

Sebelumnya,  Pacific Place Care for Community secara resmi menyerahkan bantuan satu unit gerobak motor (germor) kepada Bank Sampah Lavender Kelurahan Selong, Kecamatan Kebayoran Baru.

Bantuan tersebut diserahkan secara langsung oleh Ishak A Muin Selaku VP Operation Support Services PT Pacific Place Jakarta dan disaksikan oleh Wali Kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi, Camat Kebayoran Baru F Rokhim, Lurah Selong Samsy Rizal, VP Operation Support Service PT Pacific Place Jakarta Ishak A Muin serta Wakil Gubernur Terpilih Sandiaga Uno dan Orangtuanya kebetulan berdomisili di Kelurahan Selong.

Bantuan ini merupakan kelanjutan dari program pendampingan yang telah dilakukan PT Pacific Place Jakarta kepada Bank Sampah Lavender sejak April 2016. Kegiatan pendampingan terdiri dari pelatihan, studi banding, konsultasi, dan peningkatan fasilitas bank sampah.  

Keberadaan gerobak motor sangat penting selain untuk mempermudah proses pengangkutan sampah, juga sebagai layanan tambahan untuk para nasabah Bank Sampah Lavender berupa layanan jemput sampah.

Samsyu Rizal, Lurah Kelurahan Selong,  mengapresiasi bantuan gerobak motor yang diberikan oleh Pacific Place, dirinya berharap melalui bantuan tersebut kinerja bank sampah lavender akan semakin optimal.

Pacific Place Jakarta berkomitmen mendorong inovasi sosial di masyarakat sekitar perusahaan, salah satunya melalui program Bank Sampah.

"Melalui program ini Pacific Place Care for Community ingin mendorong kelembagaan Bank Sampah yang sudah terbentuk di masyarakat agar berjalan optimal dan berkelanjutan. Di Wilayah Kebayoran Baru sendiri Pacific Place telah mendampingi tiga Bank Sampah, yaitu di Kelurahan Senayan, Kelurahan Pulo dan Kelurahan Selong," kata Ishak A. Muin, VP Operation Support Services Pacific Place Jakarta.

Tag : bank sampah
Editor : Bambang Supriyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top