GERHANA MATAHARI TOTAL : Saksikan Mulai Pukul 18.00 di 6 Kanal Berikut

Gerhana Matahari total hari ini, Senin (21/8/2017), memang hanya akan terjadi di Amerika Serikat. Namun, warga Indonesia masih akan bisa melihatnya gerhana tersebut secara live streaming.
JIBI | 21 Agustus 2017 17:05 WIB
Gerhana matahari total - timeandate.com

Kabar24.com, JAKARTA – Gerhana Matahari total hari ini, Senin (21/8/2017), memang hanya akan terjadi di Amerika Serikat. Namun, warga Indonesia masih akan bisa melihatnya gerhana tersebut secara live streaming.

Enam kanal di bawah ini akan menyiarkan secara langsung gerhana matahari total di Amerika. Sekadar informasi, gerhana matahari akan bermula di Oregon, barat laut Amerika, yang memiliki perbedaan waktu kurang lebih 12 jam. Jadi, Anda bisa mulai menyaksikannya mulai pukul 18.00 WIB.

Berikut enam kanal yang menyiarkan tayangan live streaming gerhana matahari Amerika:

1. NASA
Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akan menayangkan secara langsung proses gerhana dari awal hingga berakhir di laman situs mereka di nasa.gov. NASA akan menggunakan gambar dari 12 belas wahana antariksa yang mereka punya. Saluran televisi NASA juga akan menayangkan program Eclipse Across America: Through the Eyes of NASA.

2. The Weather Channel
Saluran televisi kabel ini juga akan menayangkan siaran langsung gerhana matahari total. Mereka akan mendokumentasikan peristiwa ini dari lima lokasi, yaitu Madras, Oregon; Jackson Hole, Wyoming; Carbondale, Illinois; Clemson, South Carolina; dan, Nashville, Tennessee. Siaran akan dimulai pada pukul enam pagi waktu setempat, lengkap dengan ramalan cuaca dan kondisi saat terjadinya gerhana.

3. CNN-Volvo
Kantor berita CNN akan bekerja sama dengan Volvo untuk menyiarkan live streaming dari empat lokasi berbeda. Di antaranya, yaitu Snake River Valley, Idaho; Beatrice, Nebraska; Blackwell, Missouri; dan Charleston, South Carolina. Mereka akan menggunakan kamera 360 derajat berresolusi 4K dan berteknologi virtual reality. Artinya, Anda bisa melihatnya secara langsung di saluran CNN, aplikasi, maupun perangkat VR.

4. Science Channel
Science Channel akan live streaming melalui Facebook dari Madras, Oregon. Saluran ini juga akan menyiarkan program special The Great American Eclipse pukul 9 malam waktu setempat.

5. Astronomy.com
Situs ini akan live streaming dengan resolusi HD dari Denver, Coloradp. David Brewer, anggota dari Denver Astronomical Society dan Southern Cross Astronomical Society, akan mengunggah live streaming dari teleskop Celestron EdgeHD 800 dan kamera mirrorless Sony A7RII. Meski Denver tidak termasuk dalam jalur gerhana total, tapi tetap masuk dalam cakupan walaupun hanya 92 persen.

6. The Eclipse Balloning Project
Siswa SMA dan universitas di Amerika juga akan melepas dari 100 balon ke atmosfer pada jalur gerhana yang bisa merekam gerhana dari ketinggian 1.000 kaki

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Gerhana Matahari

Sumber : Tempo
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top