Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sentra Industri Kecil Teritip Balikpapan Mulai Dibangun

Pembangunan Sentra Industri Kecil Teritip mulai memasuki tahap pembangunan fisik, Pemerintah Kota Balikpapan telah menyelesaikan proses lelang pengerjaan proyek belum lama ini.
Nadya Kurnia
Nadya Kurnia - Bisnis.com 26 Juli 2017  |  11:18 WIB
Ilustrasi - Bisnis/Nadya Kurnia
Ilustrasi - Bisnis/Nadya Kurnia

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Pembangunan Sentra Industri Kecil Teritip mulai memasuki tahap pembangunan fisik, Pemerintah Kota Balikpapan telah menyelesaikan proses lelang pengerjaan proyek belum lama ini.

Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UKM Balikpapan Doortje Marpaung mengatakan revisi siteplan telah rampung, sehingga proses land clearing bisa direalisasikan dalam waktu dekat.

"Rencananya minggu ini pemenang lelang akan kami bawa ke lapangan untuk melihat lokasi pembangunan, setelah kontrak baru mulai membangun secara fisik," ujarnya, Rabu (26/7/2017).

Adapun luasan lahan sentra adalah 6,4 hektare. Untuk pengerjaan tahun ini, akan dibangun 20 unit rumah produksi, jalan, instalasi pengolahan air, sumur dalam, drainase, dan gedung pengelola.

Apabila seluruh rencana pembangunan fisik tahun ini terealisasi, para pengusaha IKM sudah bisa menempati rumah produksi untuk mulai menjalankan bisnisnya.

"Ada 20 calon IKM yang akan mengisi, kami sudah sosialisasikan juga ke para pengusahanya. Kalau rumah produksi jadi tahun ini, air dan listrik sudah ada, mereka bisa mulai beroperasi," sambungnya.

Dia berharap sentra IKM tersebut menjadi wadah pengembangan hilirisasi produk-produk pertanian, kelautan, dan perikanan. Minimal, pengusaha yang telah memiliki alat produksi dapat menempati dan beroperasi di Sentra IKM Teritip.

"Kan masih banyak juga penghasil rumput laut yang menjual dalam bentuk mentah, rumput lautnya dijemur saja. Nah, pengusaha yang begini kami upayakan bisa mengembanykan sampai ke produk jadi, nanti alat yang dibutuhkan akan kami usulkan agar dibantu Kementerian Perindustrian," tutup Doortje.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bendungan Teritip
Editor : Fajar Sidik

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top